Teknologi dan fitur-fitur terbaru terus dikembangkan para vendor smartphone. Berbagai brand bersaing untuk memberikan fitur terbaru yang semakin memanjakan penggunanya.

Jika iPhone saat ini mengenalkan fitur Face ID pada produksi terbarunya. Produsen smartphone asal China, Vivo, bersiap untuk membesut smartphone dengan In-Display Fingerprint pertama di dunia.

Teknologi terbaru Vivo itu dikenalkan pada gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2018 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Setikat, belum lama ini. Teknologi In-Display Fingerprint membuat smartphone Vivo tak perlu ada tombol untuk fingerprint karena pengguna dapat memindai jarinya langsung di layar.

Seperti apa sih teknologi In-Display Fingerprint ini? Berikut ulasannya.

1. Tak cuma untuk membuka kunci smartphone, teknologi ini mendukung banyak penggunaan lain

Pertama, Ini Smartphone Terbaru Vivo dengan Fingerprint di Layarcnet.com

Dalam situs resminya, Vivo menyebutkan bahwa In-Display Fingerprint Scanning Technology ini mendukung berbagai skenario yang tidak hanya digunakan untuk membuka kunci smartphone dan hanya dapat diaktifkan dan muncul ketika dibutuhkan.

Pengguna dapat menyentuh ikon fingerprint pada layar untuk membuka kunci, melakukan pembayaran dan berbagai proses lainnya. Ketika otentifikasi sidik jari tidak dibutuhkan maka grafis tidak akan muncul dan tidak akan menggangu keseluruhan pengalaman visual pengguna.

"Dengan upaya kami dalam riset konsumen yang menyeluruh serta investasi jangka panjang pada riset dan pengembangan teknologi, Vivo berada pada posisi strategis untuk menjadi pionir dalam mengembangkan teknologi pemindai sidik jari," kata Alex Feng, Senior Vice President Vivo, seperti dilansir dari laman resmi Vivo.

2. Teknologi ini membuat smartphone menjadi lebih menarik karena tak ada gangguan untuk menikmati fullview display

Pertama, Ini Smartphone Terbaru Vivo dengan Fingerprint di Layarvivo.com

Sensor fingerprint di layar diletakkan antara mainboard dan panel OLED. Teknologi In-Display Fingerprint yang hanya muncul saat dibutuhkan tak akan mengganggu tampilan full screen yang saat ini banyak dikembangkan berbagai vendor. Tentu teknologi ini sangat mendukung fitur fullview display yang diusung Vivo pada smartphone terbarunya seri V7+.

Baca juga: Harganya Cuma Rp 3 Jutaan, Vivo V5 Sudah Usung Kamera Selfie 20MP!

3. Teknologi ini mengungguli otentifikasi lain yang ada

Pertama, Ini Smartphone Terbaru Vivo dengan Fingerprint di Layarcnet.com

Alex Feng mengklaim bahwa teknologi anyar dari Vivo ini membuat pengguna lebih nyaman dan mudah dibandingkan fingerprint yang dibenamkan pada bagian belakang smartphone. Teknologi ini juga disebut membuat proses otentifikasi menjadi lebih cepat dan lebih aman. Apalagi dengan adanya teknologi ini tak menambah body smartphone sehingga tetap tampil ramping dan compact.

4. Kapan smartphone ini akan dirilis?

Pertama, Ini Smartphone Terbaru Vivo dengan Fingerprint di Layarcnet.com

Hingga saat ini, pertanyaan itu masih belum terpecahkan. Pada gelaran CES 2018, Vivo hanya menguji coba teknologi itu. Smartphone dengan teknologi In-Display Fingerprint ini kabarnya siap diproduksi massal dan dipasarkan pada tahun 2018 ini.

Meski begitu, hingga kini belum ada bocoran kapan tanggal rilis dan nama dari smartphone tersebut. Wah...bikin penasaran nih!

Baca juga: Gak Cuma iPhone X, 8 Smartphone Ini Juga Gunakan Fitur Face Unlock