Istilah headset, headphone, atau earphone tentu sudah gak asing lagi deh. Aksesori itu sudah menjadi kebutuhan untuk mendengarkan audio di smartphone ataupun laptop. Apalagi saat ingin mendengarkan suara dari perangkat elektronik secara jelas, aksesori ini pasti sangat membantu.

Tapi disadari ataupun tidak, banyak orang yang sering salah kaprah dalam menyebut aksesori elektronik yang memang kegunaannya hampir mirip. Headphone disebut headset, begitu pula sebaliknya. Nah, biar kamu gak keterlaluan salah menyebut melulu, berikut perbedaan headphone, headset, earphone, dan handsfree yang perlu kamu tahu.

1. Headphone

Sering Salah Sebut, Ini Beda Headphone, Headset, Earphone & Handsfreeaudiocheck.in

Headphone merupakan aksesori alat dengar sederhana yang hanya bisa digunakan untuk mendengarkan tanpa bisa digunakan untuk komunikasi. Biasa kualitas suara headphone bagus karena memang didesain hanya untuk audio saja sehingga sangat cocok buat kamu yang selalu mendengarkan musik.

2. Headset

Sering Salah Sebut, Ini Beda Headphone, Headset, Earphone & Handsfreeroyalflushmagazine.com

Headset merupakan headphone dengan tambahan mikrofon sehingga tidak hanya bisa digunakan untuk mendengarkan, tetapi juga untuk komunikasi. Headset idealnya diguanakan untuk berkomunikasi seperti via Skype, call center maupun video call yang lainnya.

Headset maupun headphone lebih sering dipasang pada PC atau laptop. Biasanya headset mempunyai 2 jack audio, jack pertama untuk input yakni mikrofon dan jack kedua sebagai output yakni speaker.

Baca juga: 10 Wireless Headphone Paling Banyak Diburu Pencinta Musik di 2017

 

3. Earphone

Sering Salah Sebut, Ini Beda Headphone, Headset, Earphone & Handsfreebusinessinsider.com

Kalau dilihat dari kegunaannya, earphone sebenarnya tidak jauh beda dengan headphone. Namun earphone memiliki bentuk yang mungil sehingga gampang dibawa ke mana-mana. Makanya, earphone lebih sering dipakai untuk perangkat mobile.

4. Handsfree

Sering Salah Sebut, Ini Beda Headphone, Headset, Earphone & Handsfreesonymobile.com

Handsfree ini merupakan earphone yang diberi tambahan tertentu seperti mikrofon dan tombol fungsi. Lewat tombol fungsi tersebut, pengguna bisa menaikkan atau menurunkan volume dan menerima atau memutus panggilan.

Handsfree inilah yang biasanya disertakan dalam dashbook smartphone seperti yang kamu miliki. Berkembangnya teknologi, saat ini banyak pula bluetooth handsfree yang bisa digunakan tanpa kabel yang dianggap mengganggu. Tapi memang karena earphone dan handsfree hampir sama, banyak orang yang lebih sering menyebut earphone ketimbang handsfree.

Itulah perbedaan empat perangkat yang hampir mirip. Sekarang kamu tahu kan, yang kamu punya itu headphone, headset, earphone, atau handsfree?

Baca juga: 6 Aplikasi Ini Memudahkanmu Belajar Alat Musik,Seru Banget!