TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hands-on: OPPO F5 Ponsel dengan Kamera Cerdas, Harga Rp 3 Jutaan

Efeknya beauty-nya gak lebay!

IDN Times/Chicha

Produsen elektronik yang berbasis di Dongguan, Guangdong, Cina, resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yakni OPPO F5, di Indonesia, pada Senin, 13 November 2017 lalu. Untuk produknya kali ini, OPPO menyematkan fitur termutakhir, yaitu kamera beresolusi 20 megapiksel dengan sistem kecerdasan buatan atau A.I. Beauty Recognition Technology.

Marketing Planning Manager Oppo Indonesia, Suwanto, mengatakan fitur tersebut memungkinkan pengguna memperoleh hasil swafoto seorisinal mungkin.

“Keseluruhan wajah yang dipotret dengan kamera depan OPPO F5 tampak asli,” katanya saat menghadiri peluncuran ponsel di Pacific Place, Jakarta Selatan. Ia menjelaskan, cara kerja kamera depan OPPO mirip dengan cara kerja otak manusia ketika sedang melihat orang lain. OPPO F5 bakal langsung menangkap gambar berdasarkan usia, gender, dan warna kulit bagi penggunanya. Fitur ini akan menghasilkan potret dan gambar yang nyata.

Baca Juga: OPPO F5 Bakal Hadir dalam 3 Varian 

Hasil maksimal juga didukung oleh kecerdasan kamera buatan termutakhir yang disematkan OPPO untuk efek beauty.

IDN Times/Chicha

Fitur ini akan membubuhkan efek kecantikan yang berbeda-beda untuk masing-masing wajah, yang bisa ditangkap berdasarkan kontur dan gendernya. Jadi pengguna tak akan mendapatkan efek cantik berlebihan. Efek kecantikan atau beauty juga menangkap baik detail wajah seseorang, seperti layaknya cara kerja fotografer profesional. Artinya, OPPO membuat personalize beauty effect yang beragam untuk tipe muka yang berbeda-beda.

Efek yang dimunculkan antara perempuan dan laki-laki pun berbeda.

IDN Times/Chicha

Kamera ini menghindari penggunaan efek “lebay”, jadi laki-laki tak perlu ragu untuk menggunakan efek beauty. Fitur ini disebut male beauty effect. Ada juga efek group beauty effect. Fitur tersebut cocok buat wefie atau selfie dengan wajah lebih dari dua orang masuk frame.

Kamera depan OPPO F5, ketika dijajal untuk foto diri bersama kawan-kawan, mengasilkan potret yang adil. Tak ada satu orang yang wajahnya lebih cerah dari yang lain.

Sementara itu, buat yang doyan traveling, OPPO menyematkan fitur face priority exposure.

IDN Times/Chicha
IDN Times/Chicha

Hasil yang didapat, kamera bisa memaksimalkan seluruh spot titik yang dibidik. Tak hanya objek wajah, tapi juga pemandangan di belakangnya.

“Kalau kita traveling, lalu mau ngambil pemandangan ikonis, kadang hasil nya gak sesuai. Nah, dengan face priority exposure, experience secara visual menjadi sangat penting,” kata Suwanto.

Bagaimana OPPO bisa begitu detail memberikan efek potret selfie buat penggunanya?

IDN Times/Chicha
IDN Times/Chicha
IDN Times/Chicha

Suwanto menjelaskan, selama riset, tim OPPO telah berkonsultasi dengan berbagai pakar kecantikan. Di antaranya make up artis, hairstylist, hingga fotografer. Karenanya, kamera di ponsel ini bisa menampilkan hasil maksimal. OPPO menyebutnya sebagai terobosan “Capture The Real You”. Selain itu, OPPO memiliki tim yang berisi anak-anak muda millennials. Karena itu, mereka mampu menangkap kebutuhan pasar, yang memang penggunanya mayoritas berasal dari kalangan muda.

Sistem kecerdasan buatan tak hanya bisa dipakai untuk menangkap potret, tapi juga video.

IDN Times/Chicha
IDN Times/Chicha

Fitur kecerdasan untuk foto juga diterapkan pada video lantaran, kata Suwanto, kebutuhan pengguna ponsel untuk menayangkan gambar secara live makin meningkat. Karena itu, OPPO F5 memungkinkan pengguna buat merekam video full HD.

Kamera depan saja rasanya tak cukup untuk memenuhi permintaan pasar saat ini. Musababnya, OPPO lantas juga menyematkan fitur kamera belakang yang mampu mengimbangi kemampuan kamera depan.  Kamera belakang memiliki resolusi 16 megapiksel dan aperture f 1.8 yang unggul di pemotretan malam hari serta mengunggulkan bokeh yang cukup lumayan. Di dunia perponselan, OPPO diakui merupakan ponsel dengan produk yang kesohor sebagai selfie expert & leader. Tak salah kalau pada produknya kali ini mereka mengangkat tajuk “Capture the Real You”.

Selain bidang per-kameraan, OPPO F5 menawarkan inovasi lain, yakni kemutakhiran yang mengangkat layar Full Screen FHD+ dengan rasio 18:9.

IDN Times/Chicha
IDN Times/Chicha
IDN Times/Chicha

Tombol fisik bagian depan untuk home dihilangkan. Untuk itu, pengguna bakal menggunakan ponsel full screen 6 inci. Kelihatan cukup besar memang untuk ukuran layar ponsel. Namun sebenarnya, secara fisik, bodi OPPO F5 cuma berukuran 5,5 inci. “Karena full screen, jadi kami bisa memaksimalkan layar menjadi 6 inci,” tutur Suwanto.

Bodinya pun digadang-gadang didesain nyaman dan tak merepotkan pemakaiannya. Meski berlayar lebar, ponsel ini memiliki bentuk yang tipis dan ringan. Sementara itu, soal baterai, OPPO F5 diklaim memiliki daya tahan selama 12 jam.

OPPO juga meningkatkan keamanan untuk seri ponselnya kali ini.

IDN Times/Chicha
IDN Times/Chicha

Pertama, finger print. Finger print terletak di bagian bodi belakang. Kecepatan untuk membaca sistem unlock berkisar 0,2 detik. Selain itu, keamanan bisa dilakukan melalui opsi facial unlock. Facial unlock ini mengenal wajah asli. Jadi tak bisa diakali dengan menggunakan foto atau video untuk membukanya.

OPPO F5 juga memproteksi diri dari jangkauan anak-anak dengan fitur kids space. Kids space mengatur range penggunaan ponsel, berapa waktu lama penggunaan waktu ponsel itu di-setting digunakan untuk anak-anak serta melindungi data dari kemungkinan salah tekan.  

OPPO merebut pasar millennials dan meraih value 210 persen dalam setahun.

IDN Times/Chicha
Marketing Director OPPO Indonesia, Alinna Wenxin, menyebut, selama setahun, pada periode 2016 hingga 2017, penjualan OPPO meningkat 117 persen dengan sales value mencapai 210 persen. Dengan begitu, total pengguna OPPO aktif tercatat 200 juta. Mayoritas penggunanya adalah millennials.

“Sebab kami membangun komunikasi dengan anak muda lewat entertainment dan mengangkat brand yang inspiratif buat mereka,” kata Alina.

Begitu pula dengan seri OPPO F5. Di serinya ini, OPPO menggandeng Chelsea Islan sebagai brand ambassador, yang sama-sama punya spirit muda.

IDN Times/Chicha
IDN Times/Chicha

Chelsea digandeng lantaran ia merupakan representasi millennials yang berprestasi, kreatif, dan punya semangat yang tinggi. Alinna memuji Chelsea memiliki jiwa profesionalitas yang tinggi, yang bisa menginspirasi anak-anak muda di Indonesia.

Dalam agenda peluncuran OPPO F5, aktris muda itu turut hadir. Ia mengaku mau digandeng oleh OPPO lantaran perusahaan itu punya lima semangat yang seusai dengan dirinya, yakni mengusung terobosan baru, inspiratif, canggih, inovatif, dan unik.

Lantas banyak pertanyaan, berapa harga OPPO F5?

IDN Times/Chicha

Ponsel yang mulai bisa dibeli di pasaran pada 13 November, dan bekerja sama dengan beberapa toko online, seperti Lazada, Elvania, Shopee, JDID, Tokopedia, dan Matahari Mall, ini dijual Rp 3.999.000 juta untuk F5 dengan RAM 4 GB dan ROM 32 GB. Sedangkan F5 dengan RAM 6 GB dan ROM 64 GB dijual Rp 5.199.000. Ada lagi tipe F5 Youth dengan harga yang masih dirahasiakan.

Baca Juga: Punya Kamera Selfie 20 MP, Inilah Kisaran Harga Oppo F5 di Indonesia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya