TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Desain Smartphone Android One Nokia Tanpa Notch Bocor di Dunia Maya

#Gadgets101 Diluncurkan 27 April mendatang

weibo.com

Sebagai salah satu merek ponsel yang pernah berjaya di masanya, Nokia tampaknya ingin mengulang masa kesuksesan mereka dengan menelurkan berbagai smartphone terbaru dengan OS Android. Beberapa seri smartphone telah dikeluarkan untuk kembali menggaet minat konsumen agar membeli produknya. Sebut saja Nokia 2, Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, Nokia 7 dan Nokia 8.

Tentunya, setiap smartphone tersebut dipersiapkan Nokia di berbagai segmen dan sasaran konsumen yang berbeda untuk bisa menguasai pasar smartphone kembali. Sebuah strategi yang cukup berani dan ambisius bagi sebuah perusahaan yang baru muncul di tengah serbuan smartphone kompetitor yang sudah melekat di telinga konsumen.

Seakan ingin tampil kekinian, Nokia dikabarkan akan membuat smartphone kelas menengah dengan notch di bagian kepalanya. Model desain seperti ini mulanya dicetuskan Apple iPhone X kemudian diikuti smartphone lainnya seperti Vivo V9, Asus Zenfone 5, Huawei P20 dan lain-lain.

Kabarnya, smartphone dengan notch pertama Nokia ini diberi nama Nokia X6. Seperti apa tampilan dan spesifikasinya yang bocor, Yuk cek list selengkapnya di bawah ini.

1. Punya layar besar minim bezel dengan notch di kepalanya

digi.tech.qq

Tampaknya notch yang dimiliki Nokia X ini dimaksudkan untuk menampung kamera depan yang beresolusi 13MP ZEISS optic. Dual LED Flash untuk membantu pencahayaan ketika selfie di tempat yang minim cahaya serta sebuah earpice yang berguna untuk mengeluarkan suara ketika melakukan panggilan telepon.

Sementara itu, layar Nokia X ini digadang-gadang membawa bentang layar seluas 5.8-inch dengan resolusi Full HD+ 2280 × 1080 pixels serta aspek rasio layar sebesar 19:9. Tentunya, dengan spesifikasi layar seperti ini, kamu akan lebih menikmati konten multimedia maupun bermain game karna adanya layar yang lebar beresolusi tinggi dan minim bezell.

Jika kebanyakan smartphone kekinian sekarang mengadopsi layar dengan aspek rasio 18:9, entah kenapa Nokia lebih memilih menggunakan layar dengan aspek rasio 19:9. Akan tetapi, terlepas dari itu, model smartphone yang memanjang akan lebih membuat pengguna nyaman dalam bermain game atau menonton film maupun menyimpannya di saku karna tidak memakan terlalu banyak ruang.

2. Penempatan posisi kamera belakang, LED Flash, fingerprint dan logo Nokia juga gak kalah estetis

gsmarena.com

Penempatan dual kamera dengan lensa ZEISS optic di bagian belakang ditambah dual LED Flash selaras dengan sensor sidik jari dan logo Nokia juga membuat belakang smartphone terlihat indah. Selain itu, kamera belakang dengan resolusi 12MP yang terlihat menonjol seikit dari bodi bagian belakang menambah gimmick jika kamera smartphone ini dapat menghasilkan kualitas foto yang bagus.

Dari dulu, Nokia dengan OS Windows Phone terkenal dengan kualitas kameranya yang bagus apalagi ditambah dengan lensa dari Carl ZEISS optic.

3. Spesifikasi kelas menengah

weibo.com

Dilansir dari fonearena, adapun perkiraan spesifikasi Nokia X6 adalah sebagai berikut.

  • Layar 5.8-inch beresolusi Full HD+(2280 × 1080 pixels) , aspek rasio 19:9.
  • Opsi chipset Qualcomm Snapdragon 636 berkecepatan 1.8GHz Octa-Core dengan pengolah grafis Adreno 509 / MediaTek Helio P60 Octa-Core 2.0GHz (Quad 2.0GHz Cortex A73 + Quad 2.0GHz Cortex A530) dengan pengolah grafis ARM Mali-G72 MP3.
  • Opsi memori RAM 4GB LPDDR4 dan memori internal 64GB  / 6GB LPDDR4 RAM dengan memori internal 128GB. Selain itu, pengguna masih bisa menambah kapasitas memori penyimpanan hingga 256GB menggunakan microSD.
  • OS Android 8.1 (Oreo)
  • Kamera belakang ganda beresolusi 12MP dan kamera selfie beresolusi 13 MP. Keduanya menggunakan lensa ZEISS optics serta dual-tone LED flash.
  • Fingerprint sensor, 3.5 mm headphone jack, 4G LTE, Bluetooth 4.2 / 5 dan USB Type-C.
  • Baterei berkapasitas 3500mAh dengan fitur fast charging, hybrid dual SIM (nano + nano / microSD)

Sayangnya, smartphone ini ternyata masih mengusung konsep dual sim hybrid dimana kamu harus mengorbankan antara SIM 2 atau slot microSD. Namun, mengingat memori internal (64GB/128GB) yang disertakan sudah tergolong besar maka hal tersebut bukanlah sebuah masalah.

Smartphone ini juga termasuk dari program Android One yang artinya OS Android yang digunakan Nokia X6 merupakan OS Android murni tanpa kustomisasi serta minim aplikasi bawaan. Hal ini senada yang dikatan oleh pihak HMD Global selaku pemegang lisensi merek Nokia yang menegaskan bahwa kedepannya, semua smartphone Nokia akan menggunakan OS Android One.

Verified Writer

Irvin Pabane

Part of @pk189 LPDP RI || Soli Deo Gloria || Belajar Sepanjang Hayat || Baca tulisan lainnya di linktr.ee/irvinpabane

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya