Beberapa waktu yang lalu, beredar rumor mengenai smartphone gaming yang akan diluncurkan oleh Xiaomi. Rumor ini dibuktikan tepat pada tanggal 13 April kemarin, di mana Xiaomi memperkenalkan smartphone gaming pertama mereka yang diberi nama Black Shark. 

Tentunya sebagai smartphone dengan label "gaming", Black Shark memiliki spesifikasi yang mumpumi untuk bermain game berat. Bahkan spesifikasi yang diusungnya lebih kuat ketimbang smartphone gaming buatan Razer yakni Razer Phone. 

Seperti apa spesifikasinya? Yuk cek selengkapnya di bawah ini.

1. Spesifikasinya mampu melibas semua game mobile kelas berat

Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Resmi Smartphone Gaming Xiaomiwccftech

Xiaomi membekali "Hiu Hitam" mereka dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Qualcomm Snapdragon 845 dan pengolah grafis Adreno 630
  • Opsi 6GB RAM/64GB atau 8GB RAM/128GB tanpa dukungan micro SD
  • Layar dengan refresh rate 120Hz berukuran 6-inch, desain 2.5D dengan resolusi 2160 x 1080
  • Baterei berkapasitas 4000 mAh dengan teknologi fast charging Qualcomm versi 3.0
  • Dimensi 161.6 x 75.4 x 5.1mm-9.25mm dan berat 190 gram
  • Kamera belakang ganda dengan resolusi 12MP & 20MP dengan fitur f/1.75 aperture dan 6P lens serta dual LED Flash. Sementara itu untuk sektor kamera depannya, Black Shark dibekali kamera beresolusi 20MP dengan fitur f/2.2 aperture dan 5P lens.
  • JOY UI berbasis OS Android Oreo 8.1, USB Type C, tidak ada port jack 3.5mm untuk earphone maupun headphone, Bluetooth 4.0.

Tentunya, dengan spesifikasi tersebut, Black Shark mampu memainkan semua game berat dengan grafis yang lebih detail berkat teknologi layar 120Hz yang biasanya ditemui pada PC gaming high end. Fitur layar 120Hz juga ditemui pada smartphone buatan Razer yakni Razer Phone.

2. Punya fitur khusus gaming

Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Resmi Smartphone Gaming Xiaomitechspot

Tampaknya Xiaomi tidak main-main dalam membuat smartphone ini. Beragam fitur khusus disematkan untuk memanjakan pengalaman gaming pengguna. Fitur khusus tersebut anatara lain sebagai berikut:

  • Gamepad untuk memudahkan pengguna dalam bermain game dengan fitur Blueetooh.. Kontroller ini memiliki baterei berkapasitas 340mAh yang diklaim dapat bertahan hingga 30 jam sekali charge.
  • Teknologi pendingin yang dikalim dapat menurunkan suhu smartphone 8 derajat Celcius. Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu menekan "shark key" dengan warna khas hijau di bagian pinggir smartphone  

Saat ini, bisa dipastikan hanya Blach Shark yang memiliki kedua fitur khusus tersebut. Gamepad yang teroptimalisasi tentunya memberikan pengalaman gaming yang lebih memuaskan ketimbang kontroller game mobile yang ada di pasaran.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu khawatir dengan isu panas berlebih karna smartphone ini memiliki sistem pendingin seperti pada PC Gaming. Black Shark memiliki pipa pendingin di dalam tubuhnya, seperti yang terdapat pada smartphone Micrososft Lumia 950.

3. Desainnya juga terkesan kokoh dengan aksen khas gaming

Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Resmi Smartphone Gaming Xiaomiwccftech

Melalui smartphone ini, Xiaomi membuktikan jika mereka juga bisa membuat perangkat dengan desain sendiri tanpa harus terinspirasi smartphone kompetitor. Black Shark tampil dengan desain yang terkesan garang dan tentunya memiliki aksen gaming.

Sepintas bodi Black Shark terlihat menggunakan material metal serta grip mirip huruf X. Tentunya desain tersebut ditujukan agar pengguna nyaman dalam menggemgam smartphone ini berlama-lama, pas ditangan serta tidak mudah jatuh. Untuk sementara ini, pilihan warna smartphone gaming Xiaomi ini juga mencerminkan aksen gaming yakni Polar Night dan Sky Gray.

4. Harganya bervariasi tergantung opsi memori

Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Resmi Smartphone Gaming Xiaomipexels/pixabay

Smartphone Blackshark dengan varian 6 GB RAM/64 GB internal dibanderol dengan harga 2.999 yuan atau sekitar Rp. 6,5 jutaan, sedangkan yang menggunakan 8 GB RAM/128 GB internal dibanderol dengan harga 3499 yuan atau sekitar Rp. 7,6 jutaan. Sayangnya, kontroler game Black Shark dijual terpisah dengan harga 179 Yuan atau sekitar Rp400.000.

Hal tersebut menjadikan smartphone gaming Xioami ini menjadi smartphone gaming termurah yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 untuk saat ini. Razer Phone sendiri diketahui dipatok dengan harga 9.5 jutaan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835.

Saat artikel ini ditulis, Black Shark diketahui dijual terlebih dahulu di Tiongkok. Belum ada konfirmasi apakah smartphone ini akan dijual secara global khususnya ke pasar Indonesia. Tunggu saja informasi selanjutnya di IDN Times.

Sekedar tambahan informasi, Asus dan HP juga dikabarkan akan merilis smartphone gaming mereka akhir tahun ini. 

#Gadget101: Bonus 500 poin untuk setiap 3 artikel review dan rekomendasi gadget yang berhasil terbit!

Irvin

animation addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.