Jika kamu berniat membeli sebuah smartphone baru untuk menggantikan gadget lamamu, tentu kamu perlu membuat semacam list yang nantinya kamu jadikan sebagai pedoman dalam membeli. Kamu bisa mempertimbangkan hal-hal apa yang sebenarnya kamu butuhkan dari sebuah perangkat smartphone.

Jadi, kamu gak akan menyesal jika smartphone yang kamu beli tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Nah, berikut ini 5 hal yang gak boleh luput dari perhatian kamu jika membeli smartphone baru.

Apa aja? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kapastitas RAM dan baterai.

Sebelum Beli Smartphone Baru, Perhatikan 6 Hal Ini Guys!androidpolice

Kapasitas RAM yang besar tentunya membuat performa multitasking smartphone semakin nyaman dan minim lag. Jika kamu adalah tipe pengguna smartphone yang hobi membuka beragam aplikasi, sebaiknya kamu memilih smartphone dengan kapasitas RAM minimal 2GB.

Untuk menjamin pengalaman multitasking yang lebih nyaman, smartphone dengan RAM berukuran 3GB patut kamu pertimbangkan. Selain RAM, persoalan daya tahan baterai memang hal yang sangat penting namun seringkali diabaikan konsumen.

Setidaknya smartphone yang kamu incar minimal memiliki kapasitas baterai 3000mAh. Akan lebih afdol lagi jika smartphone tersebut memiliki fitur fast charging atau kemampuan wireless charging.

2. Sistem operasi yang digunakan.

Sebelum Beli Smartphone Baru, Perhatikan 6 Hal Ini Guys!techradar.com

Di penghujung tahun 2017 ini, ada baiknya kamu mengincar smartphone dengan sistem operasi yang masih terbilang baru. Misalnya, smartphone yang menggunakan OS Android 7.0 Nougat atau iOs 10 pada perangkat buatan Apple.

Namun, kamu tetap bisa kok mempertimbangkan smartphone yang masih menggunakan OS lama kok. Asalkan ponsel tersebut mendapat jaminan upgrade ke tingkat yang lebih baru.

Pemilihan smartphone yang menggunakan OS baru tentunya memiliki kelebihan seperti kompatibel dengan aplikasi terbaru, jaminan keamanan serta fitur baru yang tidak ada di OS sebelumnya.

3. Fitur pada smartphone yang benar-benar kamu butuhkan.

Sebelum Beli Smartphone Baru, Perhatikan 6 Hal Ini Guys!digitaltrends.com

Nah, ini yang paling penting. Tentunya kamu ingin membeli sebuah smartphone yang benar-benar kamu butuhkan dan bisa menunjang produktivitas kamu sehari-hari.

Sekarang ini, sudah banyak kok produsen smartphone yang berani membeberkan sasaran penjualan produk mereka. Kamu hanya perlu memperhatikan produk yang benar-benar didesain untuk kebutuhanmu.

Misalnya, Blackberry dengan fitur keamanan ekstra dan manajemen email yang baik, Samsung dengan pensil stylus di seri Galaxy Note, serta Lenovo yang mem-bundling beberapa produknya dengan VR dan audio dari Dolby.

Kamu tinggal pilih aja guys yang sesuai kebutuhanmu.

4. Bandingkan dengan produk lain yang memiliki spesifikasi atau harga sama.

Sebelum Beli Smartphone Baru, Perhatikan 6 Hal Ini Guys!youtube.com/TecworkZ

Jika kamu benar-benar mementingkan spesifikasi, tentunya dalam hal ini "merek" bukanlah segalanya. Ada beberapa smartphone yang dilabeli harga yang kurang lebih sama namun memiliki spesifikasi yang berbeda. Kamu perlu jeli dalam memperhatikan harga dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Dengan demikian, kamu gak akan menyesal jika besoknya kamu mendapati temanmu yang malah mendapat smartphone berspesifikasi lebih tinggi, dengan harga yang sama bahkan lebih murah ketimbang smartphone yang kamu beli.

5. Pertimbangkan "saudara tua" dari smartphone incaranmu.

Sebelum Beli Smartphone Baru, Perhatikan 6 Hal Ini Guys!cnet.com

Biasanya smartphone yang memiliki embel-embel nomor dibelakangnya seperti pada Galaxy S milik Samsung atau seri G buatan LG, terkadang memiliki perbedaan yang kurang signifikan. Biasanya versi yang lebih tua malah lebih recommended untuk dibeli ketimbang yang baru-baru dirilis.

Tentunya, kamu perlu membandingkan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan dari smartphone tersebut. Jika perbedaannya hanya mencolok di segi desain dan performa yang tidak terpaut jauh, akan lebih afdol jika kamu memilih versi lama dengan harga yang lebih murah juga.

6. Jaminan garansi dan aksesori smartphone.

Sebelum Beli Smartphone Baru, Perhatikan 6 Hal Ini Guys!thegadgetflow.com

Nah, tentunya kamu ingin jika smartphone yang kamu beli mendapat jaminan garansi resmi serta tersedianya aksesori jika kamu membutuhkannya. Kamu bisa mengunjungi website produk tersebut untuk melihat ketersediaan service centre untuk melakukan klaim garansi jika terjadi masalah dengan smartphonemu.

Nah, setelah membaca tips diatas apakah kamu sudah mendapat smartphone yang akan kamu incar ?

Irvin

animation addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.