Teknologi ponsel semakin tahun semakin berkembang pesat. Dari yang hanya berupa konsep pada akhirnya berhasil direalisasikan oleh para pabrikan ponsel.

Sebut saja iPhone X yang membuat seluruh dunia terkesan dengan kemampuan pemindai wajah untuk membuka ponsel. Hal ini membuat para merek smartphone lain tak mau kalah dan seolah menciptakan standar baru fitur ponsel yang harus dimiliki pada tahun 2018 ini.

Yuk simak apa saja fitur ponsel yang bakal jadi tren sepanjang tahun 2018 ini.

1. Layar kekinian 18:9 dengan bezel tipis

7 Tren Smartphone Kekinian yang Bakal Booming di Tahun 2018unbox.ph

Layar menjadi salah satu pertimbangan utama saat kita membeli ponsel. Tidak hanya untuk menelepon dan berkirim pesan saja, saat ini ponsel dibutuhkan untuk bermain games dan menonton video atau film.

Bagi yang suka bermain games atau menonton film, layar yang lebar bakal memanjakan mata kita. Namun masalahnya semakin besar layar ponsel akan semakin besar juga body handphone.

Namun sejak akhir tahun 2017, sudah mulai banyak ponsel yang merubah aspect ratio layar ponsel mereka dari 18:6 menjadi 18:9. Sehingga layar semakin lebar dan bezel maupun dagu ponsel semakin tipis.

Di tahun 2018 ini bakal semakin banyak ponsel yang mengadopsi ukuran layar lebar dengan bezel tipis hingga ponsel dengan layar yang hampir 6inci (18:9) hanya akan seukuran dengan ponsel layar seukuran 5,5inci (18:6) saja.

2. Desain dengan bahan yang mewah

7 Tren Smartphone Kekinian yang Bakal Booming di Tahun 2018betanews.com

Penampilan ponsel juga menjadi pertimbangan sebagian orang saat memberli ponsel baru, yang dirasa kekininan adalah layar ponsel berbalut kaca yang bakal membuat ponsel lebih elegan dan mewah.

Selain bahan kaca, bahan metal juga masih menjadi pilihan banyak pabrikan ponsel karena bahan ini lebih kuat dan tidak rentan pecah. Selain itu bahan keramik juga mulai naik daun karena bisa menimbulkan kesan mewah mengkilap seperti kaca namun lebih kuat.

3. Dual kamera yang kaya fitur untuk memaksimalkan hasil foto dan video

7 Tren Smartphone Kekinian yang Bakal Booming di Tahun 2018theverge.com

Foto bokeh dan foto wide angle seolah menjadi primadona baru dalam dunia fotografi ponsel. Masyarakat bisa dengan mudah menghasilkan foto menyerupai hasil kamera DSLR hanya dengan ponsel.

Selain itu makin banyak juga orang yang membuat video untuk vlog atau sekedar posting di sosial media sehingga kehadiran kamera ponsel yang kaya fitur sangat dibutuhkan.

4. RAM besar untuk menunjang produktivitas

7 Tren Smartphone Kekinian yang Bakal Booming di Tahun 2018pricepony.com.ph

Pada tahun-tahun sebelummnya RAM 2GB dirasa sudah cukup lega untuk melakukan aktivitas multitasking di ponsel. Namun saat ini, RAM 2GB hanya dimiliki oleh ponsel low-end dan beberapa ponsel mid-range saja.

Semakin kedepan kebutuhan RAM ponsel akan meningkat, RAM 4GB masih dianggap cukup untuk saat ini. Namun bukan tidak mungkin RAM 6GB menjadi standar baru kebutuhan ponsel di tahun ini mengingat sudah cukup banyak pabrikan ponsel seperti Samsung, LG atau Xiaomi yang membekali ponselnya dengan RAM jumbo.

5. Baterai jumbo gak abis-abis

7 Tren Smartphone Kekinian yang Bakal Booming di Tahun 2018phandroid.com

Ponsel kekinian saat ini harus mampu memenuhi kebutuhan penggunanya salah satunya untuk games dan menonton video. Oleh karena itu baterai yang berukuran jumbo menjadi suatu hal yang dibutuhkan ponsel masa kini.

Baterai kapasitas 3000mAh nampaknya menjadi standar minimal untuk ponsel-ponsel sekarang. Baterai 4000mAh atau bahkan 5000mAh menjadi pilihan sebagian orang yang suka bermain games atau suka travelling karena tidak perlu repot mengisi daya saat sedang jalan-jalan.

Hal ini juga menjadi PR besar para merek smartphone untuk membawa kapasitas baterai yang besar. Namun tetap memberikan body yang tipis dan nyaman saat digenggam.

6. Fitur keamanan yang semakin canggih

7 Tren Smartphone Kekinian yang Bakal Booming di Tahun 2018technobuffalo.com

Hadirnya fitur face ID yang diperkenalkan iPhone X nampaknya menjadi kiblat para ponsel-ponsel masa kini untuk memperkuat sisi keamanan ponsel dengan teknologi yang sama canggihnya, seperti OnePlus 5T atau Oppo F5 yang sudah membenamkan fitur face unlock serupa.

Selain face ID, fingerprint scanner juga masih menjadi andalan ponsel-ponsel masa kini di kelas mid-range dan flagship untuk menjaga keamanan ponselnya.

7. Tahan debu dan air

7 Tren Smartphone Kekinian yang Bakal Booming di Tahun 2018mobilephoneadvise.com

Musuh terbesar perangkat elektronik adalah air. Namun ungkapan ini nampaknya tak berguna untuk ponsel-ponsel zaman sekarang seperti Samsung Galaxy A dan S series atau iPhone 8 dan iPhone X.

Ponsel-ponsel tersebut sudah disertai sertifikat IP67 dan IP68 yang artinya tahan debu dan air pada kedalaman tertentu. Namun sebagai pengguna ponsel yang bijak, walaupun sudah mendapat sertifikat tidak seharusnya kita sengaja membawa ponsel ke dalam lingkungan berair yang ekstrem seperti saat berenang ya, guys

Gimana guys? Kira-kira ponsel kamu sudah terdapat fitur-fitur kekinian atau belum nih?

Rijalu Ahimsa

Suka musik dan fashion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.