TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Melanggar Undang-Undang Perjudian, Tiga Game Ini Dilarang di Belgia

Pengembang game diduga mencampur antara permainan dan perjudian

Usgamer.net

Komisi Gaming Belgia (BGC) telah menginvestigasi empat game: FIFA 18, Overwatch, Counter-Strike: Global Offensive and Star Wars Battlefront II. Hasil investigasi yang dilakukan selama lima bulan tersebut menemukan bahwa tiga dari empat game, yaitu FIFA 18, Overwatch, dan Counter-Strike: Global Offensive, telah melanggar aturan perjudian di negara tersebut. Hal itu karena ditemukannya bukti adanya unsur Loot Box dalam game-game yang beredar di Belgia.

1. Loot Box dinyatakan ilegal

gamewave.fr

Komisi Gaming Belgia pada Rabu (25/1/2018) waktu setempat, menyatakan barang virtual bernama Loot Box adalah ilegal. Loot Box merupakan penghargaan virtual dalam permainan video game yang bisa diperoleh dari proses permainan game atau dengan membayar uang cash. Komisi tersebut menginvestigasi adanya pelanggaran karena mencampuradukkan antara permainan dan perjudian.

Belgia menyatakan Loot Box ilegal pasca pemerintah Belanda beberapa pekan sebelumnya juga melarang adanya unsur Loot Box dalam setiap game. Hal itu untuk disinyalir untuk melindungi anak-anak yang sebagian besar menjadi konsumen game.

2. Membahayakan kesehatan mental

bloomberg.com

Anak-anak di bawah umur akan terkena dampak bagi kesehatan mental mereka karena adanya unsur perjudian. Anak-anak akan terpaksa membeli loot box dengan uang mereka sendiri. Lama kelamaan mereka akan menghabiskan waktu dan uang untuk hal-hal yang kurang produktif. 

"Mencampur game dan perjudian, terutama pada usia muda, berbahaya bagi kesehatan mental. Kami telah mengambil banyak tindakan untuk melindungi anak di bawah umur dan juga orang dewasa, terhadap pengaruh, antara lain, iklan perjudian," kata Menteri Hukum Belgia Koen Geens seperti dikutip pcgamer.com.

Verified Writer

Agung Setya

Reader and Writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya