TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Game Terkenal Ini Ternyata Diadaptasi dari Novel Lho

Suka game yang mengedepankan sisi cerita? Game-game ini jawabannya!

thewitcher.com

Beberapa video game terkadang diperuntukkan bagi remaja, bukan anak-anak. Untuk itu, tak jarang video game mengambil kisah atau inspirasi dari sebuah buku atau novel yang memiliki cerita lumayan kompleks yang anak-anak sulit pahami. Buku atau novel memang sering sekali dijadikan landasan para kreator entah itu sutradara atau developer untuk mengangkatnya kedalam bentuk film maupun game.

Sebagian besar game adaptasi novel memang menitikberatkan kepada sisi cerita yang kuat sehingga menghasilkan emosi tersendiri bagi pemainnya. Untuk itu penulis telah merangkum seputar 5 game terkenal yang ternyata hasil adaptasi dari buku atau novel. Yuk, langsung simak!

1. The Witcher

dualshockers.com

The Witcher merupakan salah satu game open-world paling terkenal dalam satu dekade terakhir. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa The Witcher sebenarnya berasal dari novel fantasi dengan nama yang sama. Seri The Witcher ditulis oleh penulis asal Polandia, Andrzej Sapkowski.

Ceritanya berfokus kepada Geralt of Rivia, seorang pemburu monster yang menggunakan berbagai kemampuan supernatural untuk menghabisi musuh atau mosnter buruannya. Tidak seperti buku, bagaimana pun juga video game secara tidak langsung memungkinkan pemain untuk membuat keputusan atas nama Geralt of Rivia.

2. Enslaved: Odyssey to the West

reddit.com

Enslaved: Odyssey to the West bisa dibilang merupakan interpretasi ulang versi modern dari cerita legenda asal Cina, Journey to the West. Game garapan Ninja Theory ini menggunakan latar waktu post-apocalyptic yang indah sekaligus mengerikan. Bagi yang belum tau, Journey to the West merupakan sebuah novel yang berasal dari dinasti Ming.

Bercerita tentang seorang biarawan tidak berdaya yang mengumpulkan bantuan dari orang lain untuk membantunya dalam melakukan perjalanan. Salah satu orang yang ia ajak adalah si Raja Monyet atau Sun Wukong, seorang pejuang nakal yang pandai berbicara.

3. Assassin's Creed

digitalspy.com

Assasins Creed buatan Ubisoft ternyata diadaptasi dari novel asal Slovenia bernama Alamel yang diterbitkan pada 1938. Meskipun tidak diadaptasi secara langsung, namun Assasins Creed pertama yang dirilis pada 2007 menggunakan banyak tema dari novel tersebut.

Salah satunya adalah kritik tentang bagaimana kelompok radikal yang fasis memanipulasi orang-orang untuk masuk kedalam 'barisan' mereka. Semua fakta sejarah yang ada di novel ini, sebagian besar dimasukkan dan disesuaikan dengan dunia di game Assasin's Creed itu sendiri.

4. Spec Ops: The Line

destructoid.com

Salah satu game kontroversial berjudul Spec Ops: The Line menggunakan novel "Heart of Darkness" sebagai referensi utama. Sama seperti film Apocalypse Now yang menafsirkan ulang peristiwa dari buku tersebut yang berlangsung di Perang Vietnam, Spec Ops: The Line menempatkan cerita di Timur Tengah.

Penjahat utama dari game adalah John Konrad, kombinasi dari nama Joseph Conrad, penulis Heart of Darkness dan Kurtz, antagonis utama dari buku ini. Dan sama juga seperti bukunya, game ini mampu membawa pemainnya kedalam 'pertarungan' emosi dan mental yang cukup dalam.

Verified Writer

Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya