5 Game Overhyped yang Akhirnya Gagal di Pasaran

Niatnya sukses, game-game berikut malah jadi 'sampah'

reddit.com

Apa yang lebih buruk dari video game grafis buruk? Adalah video game yang sudah diantisipasi kehadirannya, bahkan bertahun-tahun tetapi ketika dirilis hasilnya sangat mengecewakan.

Sejauh ini, telah banyak video game seperti ini yang tentunya membuat para gamer geram dan marah. Bahkan, ada beberapa gamer yang sampai menuntut developer selaku pembuat game tersebut dengan tuduhan penipuan.

Daripada tambah penasaran, yuk langsung simak artikel mengenai 5 game overhyped yang berakhir gagal di pasaran berikut ini.

1. Star Wars: The Force Unleashed II

amazon.com

Meskipun game buatan EA ini sangat dihargai karena kualitas visual yang menakjubkan, pada faktanya Star Wars: Force Unleashed II masih dianggap mengecewakan dalam hal gameplay dan alur cerita. Terlalu banyak aksi monoton dan musuh yang terlalu biasa, menjadi alasan kenapa seri kedua dari Force Unleased ini dikatakan sangat mengecewakan dibandingkan dengan seri pertamanya. 

Baik kritikus maupun gamer merasa jika The Force Unleashed II merupakan karya 'buang-buang waktu' yang tidak dibuat dengan baik dan benar. 

2. Aliens: Colonial Marines

digitaltrends.com

Dianggap sebagai salah satu game terburuk yang pernah dirilis, Aliens: Colonial Marines dikenal dengan AI-nya yang penuh masalah dan alur cerita yang buruk. Game ini mengumpulkan semua identitas negatif yang bisa dimiliki oleh video game sampah seperti, grafik kualitas rendah, gameplay yang tidak seimbang, bug yang mengganggu, dan mode co-op yang buruk.

 Aliens: Colonial Marines juga menawarkan untuk alur cerita yang lemah, bahkan kritikus menilai game ini tidak memiliki hubungan atau koneksi apapun dengan film Aliens karya James Cameron.

3. Duke Nukem Forever

kotaku.com

Semua orang tahu bahwa sekuel biasanya lebih buruk daripada seri pertamanya, tetapi Duke Nukem Forever ini bisa dibilang lebih buruk dari segala hal. Setelah 'terjebak' dalam waktu pengembangan selama sekitar lima belas tahun, tindak lanjut dari game klasik yang populer ini menemukan 'resep' yang bisa dikatakan sebuah bencana.

Duke Nukem Forever memiliki banyak sekali masalah mulai dari humor tidak lucu, mekanika gameplay yang kasar, dan grafis buruk nan murahan. Tidak ada yang baik dari game rilisan 2011 ini, bahkan Gamespot memberika rating 3 dari 10 untuk game 'sampah' ini.

4. Final Fantasy XIV Online

amazon.co.uk

Meskipun mengusung judul yang keren yakni 'A Realm Reborn', tetapi Final Fantasy XIV Online tetap disambut dengan kekecewaan umum terutama para fans. Dengan membawa nama Final Fantasy yang bisa dibilang menjanjikan, game buatan Square Enix ini malah 'ditenggelamkan' oleh berbagai masalah teknis, seperti UI yang tidak jelas dan keterbatasan pemain online yang tidak masuk akal.

Sehingga, sangat tidak mungkin jika memainkan game ini tanpa frustasi sedikit pun. Banyak yang menilai game ini belum sepenuhnya selesai dan buang-buang waktu untuk memainkannya.  

5. Mass Effect Andromeda

ign.com

Mass Effect: Andromeda akan selalu dikenang sebagai game dengan animasi dan karakter wajah paling mengerikan sepanjang masa. Untuk salah satu seri terbaru yang diantisipasi dan berasal dari franchise game terbesar yang ada di pasaran, game ini terbilang mengecewakan dan tidak memenuhi harapan. 

Dengan penyampaian cerita sangat buruk dan animasi karakter yang hancur tapi lucu, membuat Mass Effect: Andromeda menjadi inspirasi dibalik banyak meme game diluar sana. Sejauh ini, Mass Effect Andromeda bisa dibilang merupakan game AAA terburuk dari Electronic Arts.

Demikian tadi info mengenai 5 game overhyped yang akhirnya gagal dipasaran. Sulit memang untuk memprediksi kualitas suatu game hanya berdasarkan demo atau trailer yang muncul di YouTube atau event-event besar seperti E3.

Semoga saja dimasa depan game-game dengan hasil mengecewakan seperti diatas sudah tidak ada lagi. 

ARTIKEL TERKINI