Sudah Tahu? Ini Lho 7 Franchise Game Terlaris Sepanjang Masa

Pasti pernah kamu mainin!

blackburn789.deviantart.com

Dari dulu hingga sekarang video game adalah sesuatu yang diminati. Dari mulai anak kecil hingga orang dewasa memainkannya.

Untuk ranah serius maupun hanya sekadar pelepas penat. Dan dari zaman dahulu hingga saat ini ada beberapa franchise game yang tentunya gak asing sama kalian para gamer.

Mau yang dulunya kecil maupun kids zaman now saat ini merasakan game dari franchise ini. Gak heran makanya kalau 7 franchise ternama ini jadi yang terlaris sepanjang sejarah.

Penasaran franchise game apa saja yang masuk list ini. Yuk disimak!

7. Need For Speed

amd.com

Di urutan 7 merupakan dari franchise game balap yang tentunya gak asing bagi para gamer apalagi pecinta game balap. Need For Speed merupakan game buatan EA yang hadir 1997 dengan judul The Need For Speed dan punya seri terbaru yaitu Need For Speed Payback yang rilis di tahun 2017.

Total ada lebih dari 25 seri dari franchise ini. Dan yang disebut-sebut sebagai seri terlaris ada Need For Speed Most Wanted yang tentunya membuat gamer betah bermain berlama-lama untuk rebut posisi puncak.

Selain game ternyata franchise ini hadir dalam bentuk film dan mainan Hot Wheels. Sampai saat ini franchise Need For Speed telah terjual 150 juta kopi dan menghasilkan pendapatan sebanyak Rp 2 triliun.

6. The Sims

thegamer.com

Selanjutnya di urutan 6 ada The Sims sebagai game simulasi yang rilis tahun 2000. Dan itu merupakan awal kesuksesan franchise game ini.

Itu juga membuat para developer mulai melirik genre simulasi. Sebagai game simulasi tentunya banyak hal yang membuat game ini menarik.

Salah satunya adalah bagaimana cara kamu untuk berinteraksi dengan orang lain di game ini yang sangat mempengaruhi kehidupanmu di game ini. Seri baru game buatan EA ini juga selalu menarik minat gamer untuk memainkannya.

Bisa jadi karena kebebasan yang kamu dapatkan di game ini adalah kunci suksesnya. Sampai saat ini franchise The Sims sudah terjual 200 kopi dan meraup pendapatan sebesar Rp 2 triliun.

5. Grand Theft Auto

artistryinggames.com

Gak mungkin rasanya melewatkan daftar ini tanpa ada franchise Grand Theft Auto. Yup, franchise buatan Rockstar Games ini berada di urutan ke 5 dan bisa dibilang sebagai game bergenre open-world tersukses sepanjang sejarah.

Seri pertamanya rilis di tahun 1997, dan yang terakhir ada GTA V yang rilis tahun 2013 lalu. Hingga saat ini franchise game ini tetap jadi favorit dan telah mendulang pendapatan sebanyak Rp 3 triliun.

Tentunya kehadiran kelanjutan franchise game ini sangat dinantikan penggemarnya.

4. Call Of Duty

madmodnews.com

Menjadi franchise game FPS memang tak mudah tapi Call of Duty mampu melakukannya dan berada di urutan 4 pada list ini. Awal rilis di tahun 2003 game buatan Activision ini mengambil tema perang dunia ke-2 dan sangat berani.

Namun seiring berkembangnya zaman, Call of Duty pun memulai tema-tema perang kekinian dan futuristik lewat seri Modern Warfare. Merilis gamenya secara tahun pun jadi salah satu strategi jitu pertahankan kehadiran franchise ini.

Hingga saat ini telah ada 14 seri Call of Duty dan mendapatkan pendapatan sekitar Rp 3 triliun. Dan menjadikannya sebagai franchise game FPS tersukses sepanjang sejarah.

3. Pokemon

blackburn789.deviantart.com

Di urutan 3 ada game yang tentunya nggak asing buat para gamer. Diawali dengan Pokemon Red dan Blue di tahun 1996 dan menjadi salah satu seri Pokemon yang populer di dunia.

Bisa tadi ada Mario dan Sonic kali ini ada Pikachu yang jadi maskotnya. Meskipun banyak perubahan namun nyatanya franchise satu ini masih dicintai.

Sempat menggebrak dunia smartphone lewat seri Pokemon Go. Walau saat ini tidak se-booming ketika seri ini rilis, nyatanya kepopuleran franchise satu ini masih sangat diminati.

Banyak seri lain yang baru seperti Ultra Sun dan Ultra Moon yang makin variatif. Hingga saat ini franchise ini telah hasilkan sekitar Rp 4 triliun.

2. Sonic The Hedgedog

nintendo.co.uk

Berikutnya di urutan 2 ada maskot dari Sega. Yup, Sonic the Hedgehog. Franchise Sonic ada sejak 1991 lewat game Sonic the Hedgehog untuk konsol Sega Genesis.

Walau gak bisa dibilang sesukses rivalnya Mario, nyatanya Franchise ini juga cukup menghasilkan sukses besar dengan menghasilkan sekitar Rp 4 triliun. Sampai saat ini Sega masih tetap meneruskan franchise Sonic ini dengan seri terbarunya berjudul Sonic Forces yang dirilis November 2017 lalu untuk platform Playstation 4, Xbox One dan PC.

1. Mario Bros.

techatta.com

Dan di urutan pertama para gamer tentunya gak asing dengan karakter satu ini. Yup, karakter buatan Shigeru Miyamoto awalnya muncul pada game Donkey Kong yang hadir pada 1981.

Kehadirannya tersebut bukan hanya menjadikan dirinya sebagai maskot dari Nintendo tapi juga seluruh video game secara keseluruhan. Kehadiran tokoh satu ini juga sudah menghiasi berbagai genre dari game balapan, game olahraga, game aksi dan tentunya game petualangan.

Franchise Mario sendiri telah terjual lebih dari setengah miliar kopi di seluruh dunia. Franchisenya juga sudah mendominasi sejak tiga dekade lalu dan telah menghasilkan pendapatan sekitar Rp 7 triliun.

Itulah tadi 7 franchise game yang terlaris dan masih bertahan hingga saat ini. Gak menutup kemungkin seri-seri franchise tersebut masih akan lanjut hingga waktu lama.

Ada yang jadi franchise favoritmu dari list di atas?



ARTIKEL TERKINI