TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gamers Kudu Sabar, Ini 5 Game yang Butuh Waktu Lama Untuk Rilis

Sampai ada yang 8 tahun baru dirilis lho!

onlysp.com

Membuat sebuah game tentunya bukan suatu yang mudah. Butuh waktu yang cukup lama untuk menyiapkan segalanya. Dari mulai persiapan hingga rilisnya.

Dalam perjalanan pembuatan sebuah game tentu akan ada kendala yang ditemui hingga pada akhirnya game itu rilis. Dari keseluruhan game yang pernah mungkin 5 game ini bisa dibilang sebagai game yang butuh waktu lama untuk rilis.

Terkait kendala yang ada maupun faktor lain yang membuatnya jadi butuh waktu lama. Game apa saja ya?Yuk disimak.

1. Final Fantasy XV

onlysp.com

Pertama ada game yang dirilis Desember 2016 lalu. Awalnya game ini diumumkan tahun 2006 dengan tajuk spin-off dari Final Fantasy XIII dengan judul Final Fantasy Versus XIII.

Namun saat 2012 dengan engine baru Luminous Studio game ini dibuat ulang menjadi Final Fantasy XV. Cukup baik sambutan yang diterima saat game ini rilis.

Walau ada beberapa gamer yang tidak suka karena dinilai ada banyak kejanggalan plot.

2. PREY

bleedingcool.com

Di tahun 2006 game dengan judul serupa PREY dirilis oleh Human Head Studios dan sukses dipasaran. Dan akhirnya sekuel game ini bertajuk PREY 2 pun direncanakan rilis.

Namun setelah menunggu lama, di tahun 2014 game ini diumumkan batal untuk rilis karena beberapa tahun sebelumnya game ini sempat terhambat karena masalah lisensi dengan Bethesda Softworks. Namun salah satu studio yang pernah terlibat yaitu Arkane Studio masih terlibat dalam pembuatan game ini.

Dan akhirnya di tahun 2016 game ini direncanakan rilis dengan judul serupa game sebelumnya yaitu PREY tapi dengan cerita berbeda dari game sebelumnya. Dan game ini resmi rilis pada Mei 2017 lalu untuk konsol PC, Xbox One dan Playstation 4.

3. The Last Guardian

dualshockers.com

Game yang diumumkan di tahun 2007 sebagai game ekslusif Playstation 3 oleh pengembang TeamICO. Permasalahan terjadi antara sang pengembang dan publisher SONY.

Target awal yang menginginkan game ini untuk konsol Playstation 3 diubah oleh SONY yang ingin rilis game ini ke konsol Playstation 4. Karena itu akhirnya studio bekerja keras lagi untuk membuat game engine baru khusus Playstation 4.

Dan benar saja di tahun 2015 game ini diumumkan sebagai game Playstation 4 dan rilis di tahun 2016.

4. Team Fortress 2

cgmagonline.com

Game ini butuh 8 tahun untuk perilisan. Dan studio yang merilis game ini yaitu Valve mengaku tidak ada masalah dalam hal apapun.

Namun saat rilis terdapat banyak perubahan yang sangat terasa disisi gameplay dan graphic art-nya. Namun penantian 8 tahun seperti tidak sia-sia karena game ini miliki gameplay seru dan multiplayer yang sangat kompetitif.

Verified Writer

Niken Ari

Full time writer & part-time student.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya