TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Google Bisa Lacak Lokasi Pengguna Android Meski GPS Tak Aktif

Pengguna Android dapat dilacak kapanpun

techadvisor.co.uk

Lokasi pengguna smartphone Android umumnya dapat dideteksi melalui Global Positioning System (GPS). GPS yang biasa digunakan dalam layanan peta Google Maps ini juga kerap membantu penggunanya menemukan rute perjalanan maupun lokasi suatu tempat. Tapi tahukah kamu kamu kalau Google sendiri dapat melacak pengguna Android meski si pengguna menonaktifkan GPS-nya?

Dilansir Quartz, Google telah mengakui bahwa raksasa teknologi tersebut dapat mengetahui lokasi pengguna smartphone Android meski GPS tak aktif bahkan jika tak ada kartu SIM sekalipun. Waduh!

Google bisa lacak lokasi pengguna Android meski GPS nonaktif, tanpa kartu SIM, ataupun saat direset pabrik.

slashgear.com

Sejak awal tahun 2017 ini, smartphone Android dapat menyimpan alamat melalui menara seluler terdekat meskipun layanan lokasi sedang dinonaktifkan. Data alamat tersebut akan dikirim kembali ke Google melalui data yang terenkripsi ke push notification dan sistem pengelolaan pesan ketika terhubung dengan internet.

Cara inilah yang tak terhindarkan oleh pengguna ponsel, meskipun GPS nonaktif, tidak ada kartu SIM, ataupun saat ponsel telah dilakukan reset pabrik, Google masih bisa melacak lokasimu. Alhasil Google sebagai perusahaan di balik sistem Android ini dapat membuntuti penggunanya di manapun berada. Hal ini bahkan sudah dikonfirmasi oleh Google sendiri.

Verified Writer

jcnd

thalitajacinda.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya