TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cari Santapan Halal di Luar Negeri? Aplikasi HHWT Keluarkan Chatbot “Sofia”

#RamadanMasaKini Aplikasi solutif buat kamu yang doyan traveling

Dok. IDN Times

HHWT (Have Halal With Travel) seperti namanya, kamu pasti sudah bisa menebak tentang bagaimana HHWT bekerja. Yap, benar sekali, ini adalah platform konten yang membantu setiap wisatawan Muslim untuk dapat melakukan perjalanan dengan percaya diri tanpa bantuan pemandu wisata. 

Mereka mulai memperkenalkan platform tersebut melalui sebuah artikel tentang bagaimana menemukan makanan lokal halal seperti dim sum di Hong Kong; yang akhirnya bertumbuh menjadi ratusan artikel dan rekomendasi di situs tersebut, serta aplikasi mobile dan saluran media sosial. 

1. Mikhail Goh, pendiri HHWT, awalnya menemukan kesulitan mencari informasi makanan halal secara online di luar negeri

news.windows.com

Dimulai ketika dia belajar di Korea Selatan 5 tahun lalu, Mikhail kesulitan menemukan informasi makanan secara online di luar negeri. Melihat fakta bahwa setiap tahunnya jumlah wisatawan ke luar negeri semakin meningkat, ia bersama dengan istrinya dan juga teman baiknya mulai membuat Have Halal, Will Travel (HHWT). Wah, memang ide kreatif sering kali muncul dari pengalaman pribadi, ya...

2. HHWT menghadirkan rekomendasi di berbagai belahan dunia tentang makanan halal dari para kontributor terpercaya

Dok. IDN Times

Aplikasi ini akan membantumu yang ingin traveling atau sekadar transit di negara asing namun kesulitan menemukan makanan halal. Artikel rekomendasi tempat makannya pun ada di berbagai belahan dunia. Lalu yang tak perlu kamu ragukan lagi, artikel tersebut ditulis oleh kontributor yang kebanyakan memang tinggal dan pernah lebih dulu traveling ke negara tersebut.

Baca juga: Rilis Morse Code di Gboard, Google Bantu Orang Berkebutuhan Khusus

Jawabannya sangat jelas; HHWT memerlukan sebuah chatbot. Menggabungkan teknologi awan Azure dari Microsoft dan teknologi Language Understanding Intelligence Services (LUIS), chatbot HHWT kini dapat menjawab hampir semua pertanyaan yang para wisatawan tanyakan melalui platform tersebut setiap hari.  

Diberi nama Sofia, yang dipilih melalui voting yang dilakukan para pengguna, chatbot ini online selama 24 jam dalam 7 hari, membantu setiap wisatawan dengan pertanyaan-pertanyaan mereka dari berbagai belahan dunia, tidak terbatas oleh zona waktu dimana mereka berada. Dengan Sofia, tim HHWT kini dapat secara signifikan meningkatkan tingkat engagement mereka dengan penggunanya setiap hari. 

3. Ciptakan Sofia, chatbot HHWT dapat menjawab hampir semua pertanyaan yang para wisatawan tanyakan melalui platform tersebut setiap hari

Dok. IDN Times

Dengan jumlah pembaca situs platform HHWT yang terus bertambah, menjadi jelas bahwa HHWT perlu mengembangkan infrastruktur back-end-nya untuk terus melayani ketertarikan dan permintaan basis penggunanya yang terus berkembang dengan cepat. 

 “Satu pertanyaan yang tim HHWT tanyakan pada diri mereka adalah bagaimana mereka dapat melayani 8.000 pengguna yang mencari pilihan makanan halal di Tokyo di platform seperti Facebook, email atau komentar website setiap hari?” jelas Mikhail.  

4. HHWT bekerja sama dengan badan-badan pariwisata dari berbagai negara seluruh dunia dan brand-brand global untuk menjangkau komunitas Muslim

havehalalwithtravel.com

Selain kamu bisa menanyakan apapun terkait santapan halal di luar negeri, HHWT juga bekerja sama dengan badan pariwisata di berbagai negara. Mereka juga bekerja dengan setiap mitranya untuk menyediakan fitur-fitur fungsional seperti kemampuan untuk melakukan transaksi pemesanan dan pembayaran perjalanan pada situs web. Jadi semakin mudah saja nih; dapat makanan halal, transaksi juga beres gak repot.

Baca juga: Android P Rilis Versi Beta, ini 7 Ponsel yang Bisa Menjajalnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya