TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Fitur Ini Bikin Telegram Lebih Seru Digunakan daripada WhatsApp

Kamu mau pindah ke Telegram gak nih?

Unsplash/christianw

Di era digital ini orang semakin dimudahkan untuk berkomunikasi jarak jauh dengan yang lain. Jika dahulu hanya dikenal Short Message Service (SMS) dan layanan Telepon, sekarang ini dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat khususnya pada Smartphone, seiring waktu layanan SMS dan Telepon kini mulai tergantikan dengan aplikasi chatting.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tapi tahukah kamu jika ada aplikasi yang serupa dengan WhatsApp? Yaitu Telegram. Meskipun tidak sepopuler WhatsApp, Telegram ternyata memiliki beberapa kelebihan dibandingkan WhatApp. Mau tahu? Simak ulasan berikut.

1. Berbasis cloud

telegramgeeks.com

Seperti yang diketahui WhatsApp akan menyimpan semua file dan pesan yang masuk di memori Smartphone. Namun, pada Telegram file dan pesan yang masuk akan tersimpan secara Cloud atau tidak langsung di memori smartphone. Ini tentunya akan sangat berguna bagi kalian yang memiliki kapasitas penyimpanan minim di smartphone karena akan menghemat memori penyimpanan.

2. Multi platform

telegram.wiki

Karena Telegram adalah aplikasi yang berbasis Cloud, maka file, dan pesan yang sudah terkirim akan secara otomatis tersinkronisasi, ini memungkinkan kalian membuka data kalian melalui smartphone lain atau personal komputer. Data kalian juga tidak akan hilang jika kalian berganti smartphone atau melakukan flashing pada smartphone.

3. Kemanan data

mobileforensics.eu

Jika kalian termasuk orang yang sangat menjaga privasi, terdapat fitur secret chat pada Telegram yang akan sangat berguna. Pertukaran informasi hanya terjadi pada dua pengguna, artinya pesanmu tidak akan tersimpan di server Telegram sehinggga tidak ada yang bisa meretas pesanmu.

Dilansir dari Telegram.org telegram sedang mengembangkan fitur screenshot alert untuk mengetahui jika ada temanmu yang mengambil screenshot pada percakapan rahasia.

4. Hapus pesan otomatis

itunes.apple.com

Dengan fitur self-destructing pesan yang sudah anda kirim bisa terhapus secara otomatis dari kedua perangkat sesuai waktu yang telah dientukan. File foto dan video juga akan terhapus dalam waktu tertentu setelah terkirim. Ingat, untuk menggunakan fitur ini kamu harus berada dalam percakapan rahasia (secret chat).

5. Grup lebih ramai

universalchat.org

Jika WhatsApp membatasi jumlah akun di grup sekitar 200 orang, maka Telegram memiliki jumlah yang lebih banyak untuk member di grup yaitu 5000 akun. Selain itu ada juga fitur channel, bedanya komunikasi pada channel hanya terjadi secara satu arah, anggota dari channel tidak bisa membalas pesan yang dikirim oleh admin.

6. Berbagi file tidak terbatas

telegram.org

Berbagai file akan terasa mudah karena Telegram mendukung semua jenis tipe file untuk dibagi, bahkan kamu bisa berbagi file mencapai ukuran 1.5 GB untuk setiap file. Ini tentunya akan memudahkan kalian karena tidak perlu repot-repot mengonversi file yang akan kamu kirim.

Writer

Ai Rin

a part time writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya