Google Luncurkan Aplikasi Datally untuk Menghemat Kuota Internet

Fakir kuota mana suaranya?

Google Luncurkan Aplikasi Datally untuk Menghemat Kuota InternetIDN Times/Chicha

Perusahaan mesin pencarian terbesar berbasis di Amerika Serikat, Google, hari ini, Kamis, 30 November 2017, meluncurkan sebuah aplikasi penghemat kuota bernama Datally.

Datally adalah aplikasi pertama yang bisa dimanfaatkan pengguna Internet mobile untuk mengontrol dan menghemat data kuota.

Secara simbolis, Datally dirilis pertama kali di Indonesia. Peluncuran dilakukan langsung oleh Vice President Tim Next Billion Users Goolge, Caesar Sengupta. Di hari yang sama, Datally telah bisa diakses oleh pengguna Internet di seluruh dunia melalui Play Store.

Peluncuran Datally dilakukan di Tanah Air karena Google menyadari besarnya potensi market pengguna Internet yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara. "Sebanyak 130 juta pengguna Internet mobile berasal dari Indonesia dan masa depan Internet di negara ini disinyalir sangat potensial," katanya saat ditemui di kantor Google Indonesia, Senayan, Jakarta, Kamis siang, 30 November.

Datally diciptakan melalui riset yang cukup panjang.

Google Luncurkan Aplikasi Datally untuk Menghemat Kuota InternetIDN Times/Chicha

Riset dilakukan di sejumlah negara, khususnya negara-negara berkembang, seperti India dan Indonesia. Namun demikian, riset paling lama dilakukan di Indonesia.

Hasil riset membuktikan bahwa masyarakat di beberapa negara berkembang –dengan jumlah pengguna Internet mencapai ratusan juta orang– membutuhkan manajemen kuota. Hal ini terjadi lantaran pengguna internet kerap mengalami "kebocoran" data. "Mereka merasa tidak menggunakan data untuk mengoperasikan bermacam-macam aplikasi, tapi tiba-tiba kuota habis," tutur Caesar.

Karena itu, orang memilih menghitung penggunaan data secara manual. Namun hal ini tak efektif. Dari fenomena itulah Google bermaksud membantu masyarakat memanajemen penggunaan data kuota supaya tahu letak titik “kebocoran” datanya.

Setelah Datally diunduh, aplikasi ini akan langsung bekerja menghitung penggunaan data secara temporal berdasarkan perhitungan hari, pekan, dan bulan.

Google Luncurkan Aplikasi Datally untuk Menghemat Kuota InternetIDN Times/Chicha

"Begitu buka Datally, kita akan tahu berapa banyak data Internet yang dipakai hari ini," kata Caesar.

Datally juga memiliki fitur balon yang akan berfungsi menunjukkan berapa banyak data yang sudah dipakai untuk membuka sebuah aplikasi. Misalnya ketika membuka aplikasi Instagram. Balon Datally akan muncul di layar ponsel dan memonitor penggunaan kuota saat pengguna mengoperasikan Instagram.

Baca Juga: Hore! Google Chrome Akan Basmi Iklan dan Situs yang Mengganggu

Dengan balon Datally, pengguna tak perlu lagi menghitung penggunaan kuota secara manual atau mengira-ira berapa banyaknya data yang sudah ia keluarkan untuk berselancar di media sosial berbagi gambar itu.

Balon data akan muncul di semua aplikasi. Termasuk di maps. Keberadaannya secara tidak langsung juga berfungsi menjadi alarm pemakaian data. Bila pemakaian kuota dalam jumlah tertentu sudah membengkak, Datally secara otomatis akan memberi peringatan dengan sistem blocking. Balon bisa digeser2 sesuai dengan tempat yang diinginkan sehingga tak mengganggu aktivitas browsing.

Setelah menghemat dengan membatasi kuota pemakaian Internet, Datally punya fitur Wi-Fi finder atau cari Wi-Fi.

Google Luncurkan Aplikasi Datally untuk Menghemat Kuota InternetIDN Times/Chicha

Fitur ini berguna untuk memberikan rekomendasi di mana lokasi Wi-Fi terdekat berada. Wi-Fi finder juga bakal menunjukkan rating titik-titik Wi-Fi terkuat supaya pengguna nyaman mengakses Internet. Wi-Fi finder ke depan diharapkan memiliki fungsi seperti Waze dengan sistem informasi yang akurat.

Baca Juga: Google Bisa Lacak Lokasi Pengguna Android Meski GPS Tak Aktif

Read More
Yogie Fadila
EditorYogie Fadila
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI