Fotografer Ini Buktikan Gimana Polusi Cahaya Pengaruhi Langit Malam!

Bintang di langit, kerlip engkau di sana

Fotografer Ini Buktikan Gimana Polusi Cahaya Pengaruhi Langit Malam!srirammurali.com

Memandang langit malam membuat kita tiba-tiba teringat akan eksistensi diri kita di jagat raya yang luas. Bintang membuat langit jadi indah. Namun, usut punya usut, salah satu hal yang menghalangi pandangan kita akan gemerlap cahaya bintang di angkasa adalah tingginya level polusi cahaya di daerah tempat kita tinggal.

International Dark SkyAssociation mengatakan jika polusi cahaya ini merupakan akibat dari biasan cahaya lampu yang memantul kembali ke angkasa, dan disebut sebagai artificial light. Karena itu kita disarankan untuk memakai shielded lighting agar cahaya lampu dapat menerangi tempat yang seharusnya dengan lebih efisien dan tidak menyala terlalu terang. Lembaga ini juga mengatakan bahwa dalam memerangi polusi cahaya, bukan berarti mematikan dan tidak menggunakan lampu, akan tetapi lebih bijak dalam memilih penerangan. Salah satunya beralih ke teknologi LED light untuk lampu jalan.

Fenomena polusi cahaya ini ternyata menarik minat seorang fotografer bernama Sriram Murali untuk membuat sebuah project dimana ia memotret berbagai tempat di Amerika Serikat dengan level polusi cahaya yang berbeda, kemudian membandingkannya. Semakin kecil level polusinya, maka akan semakin terang langit yang kita pandang, dan mampu menampilkan gemerlap bintang. Kita bahkan bisa melihat garis cahaya bintang dan nebula lho! Penasaran seperti apa potret-potretnya? Simak di bawah ini ya.

1. Level Polusi Cahaya -8

srirammurali.com

Foto ini diambil di kota San Jose di California dan menunjukkan bagaimana langit malam di daerah perkotaan pada umumnya. Dari gambar diatas kita bisa lihat, langitnya terlihat biasa saja dan tanpa bintang. Ini dikarenakan kadar polusi cahaya di langit perkotaan cukup tinggi.

2. Level Polusi Cahaya -7

srirammurali.com

Foto ini diambil oleh Sriram Murali di Mountain View, California. Daerah ini merupakan daerah urban, dan bisa dibilang masih padat penduduk. Dari potret diatas memang terlihat beberapa sinar redup bintang, tetapi terkadang gemerlap bintang tersebut dapat tertutupi oleh gumpalan awan.

3. Level Polusi Cahaya -6

srirammurali.com

Potret berikutnya diambil di kawasan perbukitan Los Altos di California. Daerah ini dikategorikan sebagai bright suburban sky oleh Sriram Murali. Bright suburban sky adalah area dimana kamu masih bisa melihat cahaya bintang lebih banyak dibandingkan area urban. Bright suburban sky biasanya meliputi daerah penduduk di pinggiran kota.

4. Level Polusi Cahaya -5

srirammurali.com

Foto ini diambil di wilayah terbuka Monte Bello, masih di negara bagian California. Sriram Murali mengkategorikan langit di Monte Bello sebagai suburban sky karena hanya sedikit cahaya yang menginterupsi kegiatan stargazing. Di daerah yang polusi cahayanya berada di level -5, sudah mulai bisa terlihat gemerlap bintang yang jauh lebih terang.

5. Level Polusi Cahaya -4

srirammurali.com

Kalau potret satu ini diambil dari Mercusuar Pigeon Point, California. Pemandangan langit cerah seperti ini bisa dinikmati di wilayah pedesaan atau area suburban transition. Dengan penerangan yang tidak berlebihan, wilayah pedesaan memang jadi spot bagus untuk dapat menikmati gemerlap bintang lebih jelas.

6. Level Polusi Cahaya -3

srirammurali.com

Foto berikutnya diambil di Danau Crater, negara bagian Oregon. Sriram Murali mengkategorikannya sebagai area rural sky atau langit wilayah pedalaman. Sedikit sekali sumber penerangan atau lampu yang bisa ditemukan disini. Oleh karena itu, langit malam akan terlihat lebih terang daripada biasanya karena kadar polusi cahaya di atmosfer berkurang banyak.

7. Level Polusi Cahaya -2

srirammurali.com

Foto ini diambil di Taman Nasional Lassen Park dan dikategorikan sebagai typical truly dark site atau area dimana tidak ada cahaya yang menghalangi kita dalam memandang gemerlap langit malam. Tipe langit seperti ini biasanya dapat ditemui di taman nasional, wilayah konservasi alam liar atau wilayah perkemahan di dalam hutan. Sinar bintang yang terlihat memang lebih banyak, lebih terang serta terasa lebih mengagumkan.

8. Level Polusi Cahaya -1

srirammurali.com

Seperti inilah kira-kira pemandangan langit malam jika di sekeliling kita tidak terdapat cahaya satu pun, alias zero lighting. Foto ini diambil di Eureka Dunes, California. Tempat terbuka yang dikenal sebagai salah satu spot terbaik dalam kegiatan stargazing. Coba saja lihat betapa luas, jelas dan terangnya gemerlap langit yang ditampilkan dalam foto ini.

Pramesti

Hmm- Let me think...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI