Jakarta, IDN Times - Acer Windows Mixed Reality (WMR) yang baru diluncurkan hari ini diklaim memiliki sejumlah fitur yang akan memberikan pengalaman baru bermain Virtual Reality (VR). Warna biru dan bentuknya yang sederhana, dilengkapi wireless motion controller membuat WMR ini sangat menggoda secara penampilan. Ditambah lagi beratnya yang hanya 320 gram.

IDN Times pun mendapat kesempatan mencoba WMR ini. Seperti apa ulasannya?

1. Berkacamata? Tenang saja

Pengalaman Pertama Coba Acer Windows Mixed Reality (WMR), Seru!IDN Times/Helmi Shemi

Salah satu kekhawatiran para pemain game, terlebih yang berkacamata adalah kesesuaian VR dengan bentuk wajah. Kamu mungkin berpikir melepas kacamata terlebih dulu untuk mencoba WMR ini, tapi itu tidak perlu.

Design pada Acer Windows Mixed Reality cukup ringkas dengan double-padded headband yang membuat kamu merasa nyaman. Kamu dapat mengaturnya sedemikian rupa sehingga mendapat kenyamanan yang pas saat memakainya.

2. Tidak perlu khawatir pusing

Pengalaman Pertama Coba Acer Windows Mixed Reality (WMR), Seru!IDN Times/Helmi Shemi

Bagi kamu pengguna VR yang menggunakannya untuk kali pertama, mungkin kamu akan mengeluhkan pusing. IDN Times pun sempat mengalami pusing karena belum terbiasa. Dengan adanya Flip Visor yang dirancang pada WMR ini memungkinkan kamu melakukan interupsi sementara, tanpa harus melepas headset.

Baca juga: Kupas Tuntas Samsung Galaxy S9, Gadget dengan Fitur Kamera Terbaik di 2018

Pre sales manager Acer Indonesia Dimas Setyo memberikan saran agar kamu terbiasa menggunakan VR. Diantaranya: pastikan memakai frame per second (fps) yang tinggi. Kedua, liat arah yang sama dan jangan yang berbeda. Misal, kamu bermain roller coaster, jangan memaksakan dirimu melihat ke arah belakang jika tidak mau pusing atau mual.

“Kalau fps rendah pengguna bisa motion sickness,” katanya.

CEO Omni VR Nico Alyus menambahkan, untuk pengguna awal biasanya hanya mampu menggunakan selama 1-3 menit. Nantinya setelah terbiasa, kamu dapat bermain hingga 30 menit lebih.

“Soal mual atau gak itu kebiasaan. Kalau sehari-hari pakai VR 30 menit lebih aman-ama saja,” ujarnya.

3. Kontrol yang mudah dan ringan

Pengalaman Pertama Coba Acer Windows Mixed Reality (WMR), Seru!IDN Times/Helmi Shemi

Wireless motion controller ini sangat ringan dan mudah digunakan karena hanya terdapat 3 tombol sebagai penggerak. IDN Times mencoba bermain Long Bow, sebuah game yang diproduksi OMNI VR.

Kamu akan memegang satu kontrol yang dipegang tangan kiri sebagai busur dan satu lagi sebagai anak panah. Dengan gerakan layaknya menarik anak panah dari busur dan melepaskannya ke target yang ada. Bermain game ini menggunakan WMR benar-benar menyenangkan.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Vivo V9, Smartphone yang Launching di Borobudur