6 Kesamaan Fitur Path & Facebook, Apa Kamu Sadar?

Memang mirip banget sih.

6 Kesamaan Fitur Path & Facebook, Apa Kamu Sadar?mobilemarketingmagazine.com & businessinsider.co

Line IDN Times

Sadar gak sih, makin kesini sosial media Path itu makin mirip banget sama Facebook. Mulai dari tampilannya sampai fitur-fiturnya pun ada yang mirip banget. Entah sengaja atau gak, berikut ini adalah kesamaan yang nampak dari sosial media berwarna merah Path dan berwarna biru Facebook.

1. Fitur Mention

Fitur pertama Path dan Facebook yang dinilai mirip adalah Mention. Fitur ini awalnya memang gak ada di Path dan pertama muncul sih di Facebook. Namun semenjak versi 5.0.1 ternyata Path juga menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menandai atau memanggil pengguna lain agar ikut dalam obrolan di satu postingan.

Cara penggunaan fitur ini juga hampir sama antara Path dan Facebook. Di mana kamu hanya tinggal ketik tanda "@" di kolom komentar untuk memanggil pengguna lainnya. Setelah kamu me-mention, maka akan ada notifikasi yang memberitahu kalau sedang diajak untuk masuk dalam obrolan di kolom komentar.

2. Tampilan antarmuka yang sama-sama berupa Tab.

Ingat gak, pas awal-awal Path muncul tampilannya itu masih berwujud lini masa ala Twitter. Namun makin kesini, tampilan Path jadi berubah ala Facebook. Ya, tampilan antarmuka Path kini berubah menjadi beberapa tab seperti Facebook yang dibagi ke beberapa tab seperti lini masa, notifikasi, daftar Teman serta profil. Untuk berpindah dari satu tab ke tab lain maka kamu hanya perlu menggeser ke arah kiri dan kanan.

3. Notifikasi hari ulang tahun teman.

Pas awal muncul, Path memang masih belum menghadirkan fitur satu ini. Namun lewat pembaruan beberapa waktu lalu, Path mulai menghadirkan fitur notifikasi ulang tahun yang konsepnya mirip banget sama Facebook. Sama seperti Facebook, fitur ini bakal muncul di tab notifikasi per hari temanmu ulang tahun.

Baca Juga: Path Rilis Fitur Seru #PathParty, Apa Sih Kegunaannya?

4. Fitur Like berupa emoticon.

Kalau fitur satu ini sih, si Path yang memulainya. Alih-alih cuma memberikan Like saja ada postingan, sejak awal muncul Path sudah memberikan konsep Like dalam wujud emoticon Love, Smile, Angry, dan lainnya. Nah, lewat pembaruan beberapa waktu lalu Facebook ternyata juga turut menghadirkan fitur menarik ini di lini masa mereka.

5. Fitur Play untuk melihat video

Pas awal muncul, kalau mau lihat video di Path wajib download dulu. Namun sekarang sudah gak lagi. Mengikuti konsep Facebook, video di Path kini sudah bisa dimainkan secara langsung tanpa men-download-nya lagi. Kamu sudah gak perlu lagi berpindah tab atau aplikasi seperti saat versi Path awal muncul. Saat kamu melewati kala scrooling maka secara otomatis video akan otomatis play layaknya pada Facebook.

6. Fitur Stories.

Terakhir ada fitur Stories yang konsepnya hampir sama dengan Facebook. Ya, mulai versi terbaru Path kini juga bisa digunakan untuk membuat Stories layaknya Facebook. Meski perlu diakui jika konsep Stories di Facebook bukanlah yang pertama, tapi pasca Facebook mulai menerapkan Stories ternyata Path pun juga.

Sama seperti Facebook, Stories di Path muncul di tampilan paling atas dari tab lini masa. Tinggal klik simbol Play dan otomatis Stories yang dibuat temanmu pun bisa kamu nikmati. Kalau kamu mau bikin Stories, tinggal sentuh foto Cover dan pilih Add CoverStory dengan durasi video maksimal 1 jam saja.

Itulah beberapa fitur antara Path dan Facebook yang dinilai sama. Lebih suka pakai fitur di sosial media yang mana nih?

Baca Juga: 6 Aplikasi Buatan Facebook yang Jarang Diketahui Orang

Read More
Line IDN Times

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote SenangVote
    Senang14%
  • Vote SedihVote
    Sedih0%
  • Vote TerhiburVote
    Terhibur29%
  • Vote MarahVote
    Marah14%
  • Vote KagetVote
    Kaget43%
  • Vote TerinspirasiVote
    Terinspirasi0%
ARTIKEL TERKINI