Kamera iPhone (apapun serinya), sedari dahulu memang dipercaya mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Jika dibanding dengan hasil bidikan kamera smartphone Android beresolusi tinggi, hasil bidikan kamera iPhone dilaporkan memang lebih menarik dan tak jarang hasilnya bisa setara kamera DSLR.

Namun, menghasilkan foto setara DSLR dengan kamera iPhone ternyata ada trik khususnya lho! Ya, ada cara-cara khusus yang perlu kamu lakukan agar hasil bidikan kamera iPhone-mu bisa setara DSLR.

1. Gunakan fitur Grid agar komposisi objek lebih pas.

Fitur ini sangat berguna untuk membuat hasil bidikan dengan kamera iPhone bisa setara DSLR. Fitur ini membantumu menyesuaikan gambar dengan cara yang sempurna.

Untuk mengaktifkan fitur grid ini atur saja lewat menu Settings > Photo and Camera > Grid.

2. Pakai juga fitur Focus dan Brightness agar hasil bidikan bisa sejernih hasil dengan DSLR.

Fitur ini dilaporkan dapat membuat bidikan kamera iPhone makin fokus. Gak cuma itu, fitur Focus dan Brightness juga bisa membuat hasil bidikan kamera iPhonemu bakal terasa seperti kamera point-and-shoot profesional.

Untuk mengakses fitur ini kamu cukup menekan layar untuk fokus dan geser jarimu ke atas dan ke bawah pada slider untuk mengatur kecerahan gambar.

3. Manfaatkan pula fitur Lock Exposure agar foto lebih jelas dan minim noise.

6 Trik Hasilkan Foto Menarik Setara DSLR dengan Kamera iPhoneiphonephotographyschool.com

Selain bisa digunakan untuk mengatur Focus dan Brightness, menekan layar dalam waktu yang cukup lama dapat memunculkan fitur Lock Exposure. Fitur ini dapat membantumu mendapat bidikan yang lebih fokus lagi dan juga lebih jernih.

Objek yang bakal kamu bidik akan terkunci, sehingga saat kamu memotretnya maka hasil bakal nampak lebih jelas.

Baca Juga: Adu Kamera: Samsung Galaxy Note 7 Justru Menang Telak dari iPhone 7 Plus!

4. Ambil beberapa gambar sekaligus ala kamera DSLR pakai fitur Burst Mode.

6 Trik Hasilkan Foto Menarik Setara DSLR dengan Kamera iPhoneios.wonderhowto.com

Jadi, kamera DSLR saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, salah satunya adalah burst mode atau disebut juga dengan continous shooting mode. Burst mode mampu meng-capture banyak gambar dalam waktu singkat.

Nah, fitur ini nampaknya juga hadir di iPhone. Untuk mengaksesnya kamu hanya perlu menekan dan menahan tombol shutter dalam waktu yang cukup lama. Kabarnya, mode ini dapat mengambil 10 foto per detik.

5. Bikin foto jadi lebih jernih dengan memanfaatkan fitur Auto HDR.

Jadi, sejak lama fitur Auto HDR memang muncul di kamera DSLR. Nah, asyiknya fitur ini juga dilaporkan hadir di iPhone juga. Mode pengambilan gambar menggunakan HDR pada iPhone dikabarkan mampu mengambil tiga foto pada eksposur berbeda dan mengaburkan aspek terbaik dari masing-masing gambar.

Untuk mengaktifkan fitur ini pada iPhone adalah dengan cara menekan fitur HDR yang ada di deretan paling atas menu fotografi pada kamera iPhone.

6. Bikin efek flare ala kamera DSLR di kamera iPhone.

6 Trik Hasilkan Foto Menarik Setara DSLR dengan Kamera iPhonesnapsnapsnap.photos

Berbekal kamera iPhone saja kamu sudah dapat membuat efek lens flare ala kamera DSLR lho! Uniknya, kamera iPhone dengan lensa yang kecil memang lebih rentan terhadap efek flare ini.

Kamu dapat mengontrol kemunculan efek flare di kamera iPhone dengan mengatur komposisi atau tata letak sumber cahaya terang yang menyebabkan flare tersebut di dalam frame. Pakai saja tanganmu untuk mengatur efek kemunculan dan tata letak dari flare ini.

Nah, itulah guys trik yang bisa kamu lakukan untuk membuat hasil foto dengan kamera iPhone bisa setara DSLR. Mudah bukan? Segera dipraktikkan gih!

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Kamu "Untung Besar" Kalau Beli Kamera Mirrorless Yi M1. Murah!