Cara Jitu Basmi Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Antivirus

Gampang banget deh!

Cara Jitu Basmi Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Antivirusthe-gadgeteer.com

Bagi kamu pengguna flashdisk pasti pernah mengalami data alias file tiba-tiba hilang atau gak bisa kebuka terkena virus shortcut. Meski gak membahayakan, virus shortcut yang kerap menyerang flashdisk itu menyebalkan banget. Soalnya, bisa saja virus shortcut yang sudah menjangkiti flashdisk itu bakal menyerang perangkatmu kalau sembarangan dicolokkan ke PC atau laptop.

Sebenarnya nih, mengatasi virus shortcut di flashdisk itu gampang banget. Bisa pakai antivirus semacam SMADAV atau antivirus lainnya. Namun, kalau di perangakt PC atau laptopmu belum dilengkapi dengan antivirus gimana dong untuk membasmi virus shortcut di flashdisk? Nih, IDN Times punya tips buat kamu mengatasi serangan virus shortcut di flashdisk tanpa antivirus.

Jika flashdisk yang terinfeksi sudah tertancap di laptop atau PC, langsung buka perintah CMD!

Cara Jitu Basmi Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa AntivirusIDN Times

Ya, sesaat setelah kamu menancapkan flashdisk yang terinfeksi ke laptop atau PC maka langsung deh buka perintah CMD alias Command Prompt. Cara untuk memunculkan perintah satu ini adalah dengan menekan tombol Windows dan huruf R bersamaan. Jika sudah menekan, maka akan muncul deh perintah CMP di layar laptop atau PC seperti di gambar di bawah ini.

Cara Jitu Basmi Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa AntivirusIDN Times

Baca Juga: 7 Antivirus Paling Jago Basmi Virus di Laptop, Gratis Kok!

Kemudian, ketik deh kode drive dari flashdisk yang terinfeksi itu di perintah CMD.

Cara Jitu Basmi Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa AntivirusIDN Times

Jika perintah CMD sudah muncul di layar PC atau laptopmu, maka segera deh ketik kode drive dari flashdisk yang terinfeksi. Misal nih kode drive flashdisk yang muncul adalah F, maka ketik deh huruf F di layar CMD dan tekan enter.

Cara Jitu Basmi Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa AntivirusIDN Times

Setelah mengetik kode drive di layar CMD selanjutnya kamu wajib mengetik sebuah perintah khusus. Perintah yang dimaksud adalah attrib -s -h -r -a *.* /s /d. Jika sudah diketik, maka kamu wajib sabar menunggu proses pemulihan selama beberapa detik saja.

Kalau proses pemulihan sudah selesai, maka otomatis deh flashdisk bebas dari virus shortcut.

Cara Jitu Basmi Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Antivirusthe-gadgeteer.com

Ya, setelah menunggu beberapa saat proses pemulihan maka otomatis deh flashdisk-mu bebas dari virus shortcut. Semua folder yang terinfeksi dan tiba-tiba hilang atau disembunyikan oleh si virus akan kembali muncul. Gak perlu sedih lagi deh!

Namun perlu diingat lagi guys, pasca proses itu selesai bukan berarti kamu bisa lega. Soalnya, kamu masih wajib menghapus virus itu dari flashdisk-mu. Selain itu, untuk menambah kekebalan flashdisk dari serangan virus shortcut di kemudian hari maka kamu wajib berhati-hati saat menancapkan flashdisk ke perangkat lainnya.

Gak ketinggalan kamu juga wajib menginstal antivirus di PC atau laptop agar saat ada serangan serupa di kemudian hari, kamu gak perlu repot lagi dan PC atau laptop lebih kebal terhadap serangan. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 4 Jenis Ransomware Paling Bahaya di Dunia

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI