Cara Jitu Memperkuat Sinyal Smartphone yang Jarang Diketahui

Biar komunikasi tetap lancar

Cara Jitu Memperkuat Sinyal Smartphone yang Jarang Diketahuicrosstimbersgazette.com

Pernah gak kamu mengalami lagi asyik telepon, tiba-tiba suara putus-putus atau saat kirim chatting gak sampai jua ke gebetan? Biasanya nih, kalau kamu mengalami seperti hal di atas maka ada masalah di jaringan alias sinyal smartphonemu. 

Nah, di suasana mudik Lebaran seperti sekarang biasanya masalah gangguan sinyal dan jaringan bakal sering terjadi. Bikin komunikasi terhambat dan tentunya nyebelin banget, IDN Times punya cara nih untuk mengatasinya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara memperkuat sinyal smartphonemu yang mungkin jarang diketahui. Simak!

Bikin pemetaan kekuatan sinyal smartphonemu.

Salah satu cara memperkuat sinyal smartphone adalah dengan melakukan pemetaan. Pemetaan yang dimaksud adalah mencari tahu di mana saja letak sinyal yang paling kuat di sekitar tempat kamu lagi berdiri. 

Untuk melakukan cara yang satu ini, maka kamu wajib melakukan pengaturan lewat menu Setting lalu About dan klik Network untuk pengguna smartphone Android. Sementara pengguna iPhone bisa mengaktifkan sistem pemetaan kekuatan sinyal lewat kode *3001#12345#*. 

Setelah kamu mengaktifkan setting-an di atas di smartphonemu maka secara otomatis kamu bisa mengetahui di mana saja posisi atau letak sinyal yang kuat. Fyi, dalam pengetesan sinyal akan ditunjukkan dalam satuan decibel miliwatts (dBm). Jika pada pengetesan ternyata sinyal menunjukkan angka -70dBm maka artinya sinyal kualitasnya buruk, sedangkan jika menunjukkan angka -70dBm maka menandakan kualitas sinyal sudah baik.   

Baca Juga: 7 Kode untuk Akses Fitur Rahasia di iPhone, Sudah Tahu?

Aktifkan mode airplane agar sinyal smartphone kembali kuat.

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal smartphone adalah dengan cara mengaktifkan mode airplane. Mengaktifkan mode airplane selama beberapa detik dipercaya dapat me-refresh kembali sinyal di smartphone. 

Jadi, sebelum menelepon atau ketika smartphone sinyalnya sedang jelek coba deh aktifkan mode airplane maksimal 3 detik saja. Lalu nonaktifkan lagi deh mode airplane dan jajal smartphone untuk chatting atau telepon, kualitas suara dan kecepatannya pasti lebih baik dari kualitas sinyal sebelumnya. 

Hal ini karena saat mengaktifkan mode airplane, maka koneksi ke jaringan operator seluler di-refresh. Saat dinonaktifkan, smartphone kembali mencari sinyal dan bisa jadi smartphonemu akan terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat dengan lokasi menelepon. Sinyal dipancarkan dan diterima smartphone jadi lebih kuat dan lebih jernih. 

Agar sinyal lebih stabil, kuncilah satu sinyal saja di smartphonemu.

Kalau kamu perhatikan di smartphone terutama Android ada pilihan "Preferred Network Type" alias jaringan yang diprioritaskan untuk dipakai di smartphone. Nah, agar sinyal gak 'lari' kemana-mana saat digunakan maka lakukan penguncian sinyal menjadi 2G Only (GSM), 3G Only (WCDMA) dan 4G Only (LTE) di menu pengaturan alias Setting-an masing-masing smartphone. 

Selain dapat mempertahankan sinyal agar gak gampang lari, cara ini bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai smartphone agar lebih awet dari biasanya. Pasalnya, cara ini bikin smartphone gak perlu mencari jaringan berbeda terus menerus. Jadi, konsumsi baterai pun lebih stabil dan gak boros. 

Gimana gampang kan caranya? Cobain deh, dijamin pasti sinyal di smartphone gak bakal hilang alias tetap stabil. 

Baca Juga: 13 Kode Rahasia Smartphone Android yang Jarang Diketahui

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI