Pernah gak sih kamu mengalami kesulitan saat akan meng-upload foto lawas ke sosial media? Foto lawas yang rata-rata bentuknya fisik, biasanya akan jelek jika di-upload ke sosial media. Entah terlihat blur, nampak robek-robek karena umur si foto yang sudah hampir belasan tahun atau yang biasa terjadi adalah munculnya spot berkilau saat kamu memotret kembali foto lawas untuk di-upload ke sosial media.

Namun tahukah kamu, sebenarnya ada cara mudah untuk kembali meng-upload foto lawas yang awalnya dari foto berbentuk fisik? Menggunakan aplikasi PhotoScan, kamu gak perlu khawatir lagi deh mengalami kendala di atas kalau mau meng-upload foto lawas ke sosial media.

Pertama, instal aplikasi PhotoScan ini di smartphonemu.

Trik Jitu Upload Foto Lawas Agar Memukau Seperti BaruIDN Times

Ya, sebelum bisa meng-upload foto lawas dari foto fisik agar hasilnya memukau adalah instal dulu aplikasi PhotoScan di smartphonemu. Gak peduli apapun smartphonemu, aplikasi PhotoScan bisa kamu dapatkan kok! Kalau smartphone Android kamu bisa dapatnya di Google Play, sedangkan untuk iPhone bisa di App Store. Aplikasi PhotoScan juga tersedia di desktop kok, jadi kamu bisa menggunakannya langsung dari desktop.

Baca Juga: 5 Trik Konyol Hasilkan Jepretan Sekeren Fotografer Profesional

Kedua, jika sudah ter-instal segera deh siapkan foto lawas.

Trik Jitu Upload Foto Lawas Agar Memukau Seperti BaruIDN Times

Ya, siapkan foto lawas yang mau di-upload. Letakkan saja di atas bidang datar, lalu buka aplikasi PhotoScan dan jepret deh fotonya. Namun, jangan buru-buru memindahkan kamera dari foto lawas yang lagi di-scan. Soalnya, setelah itu akan ada perintah di mana kamu wajib mengarahkan foto ke empat titik berbeda.

Jika sudah dilakukan, maka foto lawas sudah siap kamu upload deh. Gak perlu ragu ada kilapan atau efek blur sama hasil foto karena secara otomatis semua gangguan itu bisa dihilangkan oleh machine learning yang ditanamkan ke dalam aplikasi.

Ketiga, kamu bisa edit hasil foto lawas dengan fitur baru yang disiapkan PhotoScan.

Trik Jitu Upload Foto Lawas Agar Memukau Seperti BaruGoogle Photos

Ya, ada tiga fitur edit baru yang disiapkkan PhotoScan. Adapun fitur edit terbaru tersebut adalah Auto Enhance yang memungkinkan aplikasi secara otomatis menyeimbangkan exposure dan saturation untuk membuat detail foto lebih nyata. Lalu ada 12 filter yang dikembangkan dari machine intelligence learning di mana foto akan secara otomatis dianalisa dan diperbaiki sesuai kekurangan dan kelebihan foto yang kamu pilih antara lain brightness, darkness, warmth atau saturation.

Lalu fitur yang ketiga adalah kontrol untuk Light dan Color yang memungkinkanmu bermain dengan highlights, shadows dan warmth. Menarik banget kan?

Jika ketiga langkah di atas sudah kamu lakukan, maka secara otomatis kamu sukses men-scan foto lawas berbentuk fisik ke format digital. Hasilnya bakal rapi dan gak kayak hasil scanning-an deh, cobain aja kalau gak percaya!

Baca Juga: Trik Bikin Filter Foto Pakai Barang Sepele, Kreatif Banget!