Intel Luncurkan Prosesor dengan Grafis Buatan AMD

#What'sIn2018 Ketika 2 rival bersatu, hasilnya sangat menakjubkan

Intel Luncurkan Prosesor dengan Grafis Buatan AMDgizmodo

Intel dan AMD merupakan manufaktur prosesor yang saling bersaing dengan merilis produk andalannya masing-masing. Tentunya, persaingan kedua perusahaan raksasa tersebut dengan nayata dapat dilihat.

Lihat saja perbandingan prosesor Intel Core i9 dengan prosesor AMD Ryzen yang memiliki spesifikasi hampir sama dan segmen konsumen yang sama juga. 

Namun, apa jadinya jika Intel bekerjasama dengan AMD meluncurkan prosesor dengan grafis Radeon. Tentunya kolaborasi Intel dan AMD ini mengejutkan dunia mengingat mereka sering terlihat bersaing dengan sengit.

Kerjasama dua manufaktur yang memiliki keunggulan masing-masing ini tentunya menghasilkan produk menakjubkan.

Banyak reviewer yang memberikan testimoni jika prosesor Intel lebih cocok untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama, karena tidak mudah panas serta stabil dan prosesor AMD untuk persoalan grafis, seperti bermain game maupun editing video berat.

Di ajang CES 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, Intel meluncurkan prosesor Core i5 & i7 generasi ke-8 dengan pengolah grafis Radeon buatan AMD. Seperti apa fitur dan keunggulannya, yuk simak info selengkapnya di bawah ini.

1. Diklaim memiliki kemampuan tiga kali lebih cepat

Loading video...

Intel mengklaim jika prosesor mereka kali ini memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan Core i7 lawas. Nantinya, prosesor i5 dan i7 yang dilengkapi dengan pengolah grafis buatan AMD ini bakal menjadi bagian dari H-Series.

Kelas ini merupakan tempat bagi jajaran prosesor Intel yang paling powerful. Jadi, dapat dipastikan jika prosesor tersebut diperuntukkan bagi laptop gaming dan laptop profesional kelas atas.

Adapun kerjasama Intel dan AMD menghasilkan prosesor dengan kombinasi GPU sebagai berikut :

  • Intel Core Gen-8 processor dengan Radeon™ RX Vega M GL Graphics (65W package power)
  • Intel Core Gen-8 processor dengan Radeon™ RX Vega M GH Graphics (100W package power), dengan fitur konfigurasi unlock.

Masing-masing prosesor tersebut dilengkapi dengan VRAM onboard HMB2 berkapasitas 4GB yang diklaim tak hanya melejitkan performa, juga membuat ukurannya ringkas. Sehingga laptop bisa lebih tipis dan memiliki baterai yang lebih awet.

Bisa saja tahun ini atau awal 2019 dunia teknologi didatangani jajaran laptop tipis yang powerfull untuk gaming maupun edit video berat.

Dengan konfigurasi tersebut Intel mengklaim produktivitas 1.6x lebih baik, grafis 2.3x lebih cepat, dan transkode video 6.7x lebih cepat dibandingkan laptop berusia tiga tahun menggunakan CPU Core i7-4720 dan GPU Nvidia GeForce GTX 950M yang diskrit.

Dibandingkan dengan sistem yang lebih modern dengan Core i57-8550 dan GeForce GTX 1050, Intel masih mengklaim keunggulan kinerja keseluruhan 1.4x lebih baik.

2. Sudah ada OEM yang tertarik, bahkan prosesor tersebut sudah digunakan Intel sendiri di PC Mini buatannya

Intel Luncurkan Prosesor dengan Grafis Buatan AMDintel.newsroom

Dell Dan HP menyatakan jika mereka sudah siap menggunakan prosesor ini di PC 2 in 1 kelas atas miliknya. Bahkan Intel sendiri sudah menggunakan prosesr ini di mini PC mereka yang bernama NUAC.

Perangkat ini meskipun kecil, tapi diklaim memiliki performa kencang layaknya sebuah PC desktop, bahkan sudah mendukung pengguna memainkan game dengan alat VR.

Ukuran Intel NUAC sendiri sangat kecil untuk ukuran PC seperti pada umumnya namun tetap memiliki performa yang tidak boleh diremehken. Hal ini tentunya karena ukuran prosesor dan pengalah grafis hasil kolaborasi Intel dan AMD lebih kecil daripada prosesor lainnya. 

Tentunya kolaborasi ini mengancam eksistensi salah satu produsen grafis populer yakni Nvidia yang terkenal dengan seri GeForce dan GTX. Selain itu, Qualcomn yang sudah memasuki ranah PC dengan prosesor ARMnya mulai menyusun strategi agar bisa bertahan.

Mungkinkah nantinya Qualcomn bekerjasama juga dengan Nvidia untuk melawan Intel dan AMD ? Bisa saja namun terlalu dini bagi Qualcomn untuk hal itu. Kita tunggu saja informasi selanjutnya.

3. Dengan segala keunggulannya, tentunya harga yang ditawarkan juga mahal

Intel Luncurkan Prosesor dengan Grafis Buatan AMDgadgets.ndtv

Mengingat prosesor ini termasuk bagian dari kelas H-series yang artinya tempat bagi jajaran prosesor Intel paling powerful, dipastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan kelas atas pula. Sejauh ini, belum ada informasi mengenai kepastian harga dan kapan pemasaran produk tersebut dimulai.

Perpaduan prosesor Intel dengan pengolah grafis AMD memang sangatlah menjanjikan. Nah, jika nantinya prosesor ini dipasarkan, apakah kamu tertarik memilikinya ?

Artikel dilansir dari Pcworld.com, Gadgets.ndtv.com, Gizmodo.com, Theinquirer.net, dan Newsroom.intel.com.

#What'sIn2018: Tulis artikel tentang hal-hal yang trending di tahun 2018, dapatkan bonus 100 poin!

Irvin

animation addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Irma Yudistirani
EditorIrma Yudistirani
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI