Gak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi startup di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Terhitung sudah ada lebih dari 230 startup di Indonesia yang empat di antaranya sudah berhasil menjadi unicorns, sebutan bagi startup dengan nilai investasi sebesar lebih dari USD1,6 juta.

Dengan perkembangan yang bisa dibilang positif ini, DailySocial.id selaku salah satu anak perusahaan dari GDP Venture dan di bawah naungan MerahPutih Incubator, merilis laporan startup terbarunya untuk tahun 2017 kemarin. Diadakan dalam sesi talkshow bertajuk Startup Review Now & Future di Three Buns, Senopati, berikut rangkuman yang bisa disaring dari laporan tersebut.

1. Pengguna aktif internet di Indonesia bertambah 50% dari tahun sebelumnya

Perkembangan Startup Indonesia Meningkat, DailySocial.id Rilis Startup Report 2017Unsplash/Olu Eletu

Ada suatu kemajuan bagi masyarakat Indonesia dari segi teknologi. Tercatat kini sudah ada 132,7 juta pengguna internet aktif di Indonesia. Angka ini terbilang 50% lebih tinggi dibanding sebelumnya. Tentunya, ini jadi awal yang baik agar startup, khususnya yang bergerak di bidang teknologi, semakin inovatif dan berkembang.

2. Fintech, media, dan kesehatan diprediksi akan berkembang pesat di 2018

Perkembangan Startup Indonesia Meningkat, DailySocial.id Rilis Startup Report 2017Unsplash/Daria Nepriakhina

Dalam laporannya, DailySocial.id juga memprediksi sektor apa saja yang berpotensi berkembang di tahun 2018, yakni fintech (financial technology), media, dan kesehatan. Di tahun sebelumnya sendiri, startup fintech diwarnai dengan kegiatan akuisisi dan merger.

3. Membantu investor untuk mempertimbangkan keputusan dalam berinvestasi

Perkembangan Startup Indonesia Meningkat, DailySocial.id Rilis Startup Report 2017IDN Times/Jordhi Farhansyah

 “Untuk kami para investor, laporan startup ini sangat membantu kami untuk melihat gambaran garis besar perkembangan teknologi dan ekosistem internet di Indonesia, sehingga dapat menjadi pedoman dalam mempertimbangkan keputusan dalam berinvestasi,” kata Danny Wirianto selaku CMO dari GDP Venture, Kamis (08/02).

Menurutnya, meski setiap hari para investor kerap membaca laporan dan tren yang berkembang di dalam dan luar negeri. Laporan ini bisa jadi executive summary tentang pergerakan industri startup di Indonesia serta prediksinya di tahun ini.

4. Teknologi Internet of Things, Blockchain, dan Artificial Intelligence juga jadi isu penting di 2018

Perkembangan Startup Indonesia Meningkat, DailySocial.id Rilis Startup Report 2017IDN Times/Jordhi Farhansyah

Dalam laporan ini, DailySocial juga memaparkan bahwa IoT, Blockchain, serta AI akan berkembang di Indonesia. Namun demikian, masih ada isu-isu yang menjadi tantangan bagi para pelaku startup khususnya di Indonesia.

Misalnya, kurangnya sumber daya manusia berkualitas yang dicari investor, regulasi yang menyulitkan, serta anggapan bahwa startup unicorn berasal dari Jakarta. Untuk poin terakhir, ini terlihat pada masih jarangnya startup yang berasal dari daerah lain. Isu ini diangkat dengan harapan para stakeholder dapat memberikan jalan keluar.

“Kami berharap laporan tahunan kami ini bisa bermanfaat bagi stakeholder untuk mendapatkan informasi yang berguna yang dapat dimanfaatkan untuk memajukan ekosistem teknologi di Indonesia,” kata Rama Mamuaya, CEO DailySocial.id, Kamis (08/02).