New York, IDN Times - Facebook sering disebut sebagai media sosial berpengaruh, bahkan dalam iklim politik tertentu. Namun, menurut penelitian yang dilakukan firma eMarketer, Facebook akan kehilangan sebanyak dua juta pengguna. Mereka adalah para anak muda.

1. Millennial mulai meninggalkan Facebook dan pindah ke Snapchat

Facebook Kini Ditinggalkan Para Millennial, Digemari Baby Boomersunsplash.com/Tim Bennett

Penelitian oleh firma yang berbasis di New York itu menyebutkan, bahwa pada 2018 kurang dari separuh remaja Amerika Serikat berusia antara 12 hingga 17 tahun akan menggunakan Facebook setidaknya sebulan sekali. Kemudian, Facebook diprediksi akan kehilangan dua juta pengguna berusia di bawah 25 tahun.

Tahun lalu, eMarketer mencatat 2,8 juta pengguna di kategori umur yang sama telah meninggalkan Facebook. Mayoritas diyakini akan beralih ke Snapchat.

Media sosial yang ditukangi oleh pendiri sekaligus sang CEO, Evan Spiegel, tersebut sempat terpuruk hampir sepanjang tahun 2017. Akan tetapi, Snapchat berhasil membalik keadaan pada paruh terakhir.

2. Anak muda semakin menggemari Snapchat, tapi pengguna Facebook tetap lebih besar

Facebook Kini Ditinggalkan Para Millennial, Digemari Baby BoomersUnsplash.com/Omar Lopez

Dikutip dari Tech Crunch, di penghujung 2017 Snapchat mampu menambah 8,9 juta pengguna aktif harian dengan tingkat pertumbuhan 5,05 persen di Q4. Ini meningkat dibandingkan Q3 yang mengalami peningkatan 2,9 persen.

Desain ulang yang dilakukan Snapchat terbukti berhasil memikat para millennial, di mana setiap minggu lebih dari separuh warga Amerika Serikat berumur 13 hingga 34 tahun memainkan filter yang disediakan.

Meski demikian, secara umum pengguna Facebook tetap lebih banyak. Hingga saat ini, ada di Amerika Serikat saja ada sekitar 169,5 juta pengguna aktif media sosial tersebut.

Sedangkan Snapchat hanya mampu menggaet kurang lebih 86,5 juta warga Amerika Serikat. Hanya saja, Facebook tetap perlu khawatir sebab anak muda masih menjadi penentu tren.

3. Orang berusia di atas 55 tahun akan semakin banyak memakai Facebook

Facebook Kini Ditinggalkan Para Millennial, Digemari Baby Boomersunsplash.com/William Iven

The Guardian mengutip hasil penelitian eMarketer yang menunjukkan pertumbuhan terbesar di Facebook dimotori oleh 500.000 pengguna baru berusia di atas 55 tahun. Pengguna reguler Facebook di kategori usia tersebut akan meningkat sebanyak 6,4 juta pada 2018.

Seorang analis bernama Richard Broughton berkata kepada The Guardian bahwa ada sejumlah faktor yang menyebabkan fenomena ini. Faktor utamanya adalah "orang tua cenderung telat mengikuti hal baru di internet".

Ini ditambah dengan Facebook yang menyediakan fitur video dan foto sebagai sesuatu yang dinilai berguna oleh para orang tua.

Sedangkan penelitian Pew Research Center menemukan para orang tua menyukai media sosial seperti Facebook karena ingin berhubungan dengan teman-teman di masa lalu. Di riset lain yang dilakukan Pew Research Center ditemukan bahwa semakin banyak orang berusia di atas 50 tahun yang menggunakan media sosial, seperti Facebook, untuk mendapatkan berita.

Rosa Folia

Typing....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.