Tanpa Kamu Sadari, Inilah 4 Bahaya Instal Software Windows Bajakan

Siapa nih yang biasanya download gratisan?

Tanpa Kamu Sadari, Inilah 4 Bahaya Instal Software Windows BajakanPixabay.com

Masih banyak orang yang menggunakan software windows bajakan di Indonesia, apakah kamu salah satunya? Kalian tahu gak, ternyata banyak hal mengerikan yang mengancam PC-mu saat menginstal software bajakan itu lho. Hal ini karena software yang kamu download itu tak sepenuhnya sama dengan software yang asli.

Lalu apa saja sih bahayanya ketika kamu memanfaatkan software bajakan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Menjadi Markas Malware

Pixabay.com

Malware kerap bersarang di software-software yang kamu download. Malware itu bisa saja melakukan pencurian terhadap dokumen-dokomen rahasia yang ada di laptop atau PC-mu. Maka, bukan tak mungkin jika malware tersebut mengetahui nomor rekening bank pribadimu.

2. Memperlambat proses laptop

arenalaptop.com

Akibat lain yang bisa terjadi karena pemasangan software bajakan gratisan adalah melambatnya kinerja laptop atau PC. Jika kinerja laptop menjadi lemot, pekerjaan pun bisa berantakan. Terlebih jika PC yang kamu gunakan adalah milik kantor, bisa kena tambahan semprot dari atasan tuh. Kalau sudah begini bukan untung malah buntung.
 

3. Data hilang akibat virus

Pixabay.com

Virus memang selalu membawa kerugian. Pasalnya virus memang diciptakan untuk merusak atau menghilangkan sesuatu dari PC atau laptopmu. Virus bisa saja terbawa di software bajakan yang kamu download. Maka berhati-hatilah, siapa tahu data-data yang ada di perangkatmu hilang akibat virus tersebut.
 

4. Sarang bertumbuhnya virus

Pixabay.com

Tahukah kamu jika virus sangat mudah berkembang biak pada software bajakan yang kamu unduh. Hal ini karena software tersebut tak punya keamanan yang kuat. Jika begini, satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah memasang anti virus. 
 

Itulah 4 hal bahaya yang bisa mengintai perangkatmu saat menginstal software bajakan. Saran yang bisa kamu lakukan jika telah terlanjur mengunduhnya adalah segaralah menginstal anti virus. Tapi perlu diingat, harus menggunakan anti virus yang benar-benar kuat bukan abal-abal! Selain 4 hal di atas, ada gak kerugian yang kamu rasakan saat mengintsal software bajakan? Tulis di kolom komentar, ya!
 

YLR Photo

57 of 34519

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI