Mengunduh Jadi Lebih Aman, 6 Tips Jitu Cegah Aplikasi Palsu

Jangan sampai kamu jadi korbannya

Mengunduh Jadi Lebih Aman, 6 Tips Jitu Cegah Aplikasi Palsuhongkiat.com

Belakangan beredar kabar bahwa jutaan pengguna sudah menjadi korban aplikasi palsu. Salah satu aplikasi yang menjadi target penipuan ini ialah WhatsApp. Aplikasi obrolan itu menjadi salah satu dari ribuan aplikasi yang telah dipalsukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab demi meraup untung. Selain berkonten aneh juga bisa membahayakan penggunanya.

Meski sekilas memiliki banyak kemiripan, tapi sebenarnya banyak hal janggal jika diperhatikan baik-baik. Berikut 7 tips ampuh mencegah aplikasi palsu yang beredar.

1. Lihat bagian publisher dan developer

Mengunduh Jadi Lebih Aman, 6 Tips Jitu Cegah Aplikasi Palsuimore.com

Pada laman tiap aplikasi baik Google Play maupun Apple Store, pengguna akan bisa melihat siapa penerbit dan pengembang dari aplikasi tersebut. Ciri-ciri aplikasi palsu akan memalsukan penerbit mereka menjadi sesuatu yang mirip.

Contoh dalam kasus ini seperti misalnya "WhatsApp Inc." yang dipalsukan menjadi "WhatsApp.com" atau "Facebook." menjadi "PT. Facebook" dan lain sebagainya. Untuk lebih yakin lagi pengguna bisa mencari aplikasi dengan tanda “Editor’s Choice” atau “Top Developer”.

2. Periksa ulasan

Mengunduh Jadi Lebih Aman, 6 Tips Jitu Cegah Aplikasi Palsuuxplanet.org

Dalam setiap aplikasi tentunya disediakan akses bagi pengguna untuk memberikan peringkat atau ulasan. Hal ini juga bisa dijadikan acuan bagimu yang ingin mengunduh. Lihat ulasan-ulasan yang dilontarkan pengguna lainnya sebagai pertimbangan.

3. Lihat tanggal rilis dan ukuran

Mengunduh Jadi Lebih Aman, 6 Tips Jitu Cegah Aplikasi Palsuconsumeraffairs.com

Aplikasi palsu biasanya memiliki tanggal rilis yang jauh lebih muda dari yang asli. Kamu juga dapat memeriksa ukuran dari aplikasi. Sebagai contoh untuk aplikasi lampu flash, aplikasi seperti ini tentu tidak memuat banyak ukuran namun kamu patut curiga apabila aplikasi tersebut memilikiukuran yang besar layaknya aplikasi WhatsApp, Facebook, dan sebagainya.

4. Periksa penggunaan bahasa

Mengunduh Jadi Lebih Aman, 6 Tips Jitu Cegah Aplikasi Palsuinteract-intranet.com

Terutama bukan bahasa Inggris seperti yang diketahui oleh pengguna pada umumnya. Biasanya aplikasi palsu memakai penggunaan bahasa yang tidak umum atau bahasa Inggris yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan aplikasi. Jika menemukan aplikasi seperti ini kamu patut menghindarinya.

Baca juga: TBH: Aplikasi Paling Hits di Kalangan Remaja, Tertarik Mencoba?

5. Baca izin aplikasi secara seksama

Mengunduh Jadi Lebih Aman, 6 Tips Jitu Cegah Aplikasi Palsuandroidcentral.com

Setelah memutuskan untuk memasang aplikasi, pengguna memberikan sejumlah akses dalam bentuk izin aplikasi (permission). Dengan mengizinkannya, artinya aplikasi akan dapat mengakses SMS, catatan telefon, jaringan Wi-Fi, dan lain sebagainya. Seperti poin sebelumnya, spabila aplikasi kecil menggunakan berbagai izin yang berlebihan maka sebaiknya dihindari.

6."Get our app..."

Mengunduh Jadi Lebih Aman, 6 Tips Jitu Cegah Aplikasi Palsuwardtechtalent.com

Untuk lebih meyakinkan, kamu dapat melihat situs resmi dari masing-masing aplikasi. Dalam laman tersebut biasanya terdapat informasi berupa "get our app on ....". Dari situ kamu dapat mengetahui mana keluaran aplikasi asli dari pengembang.

7. Pasang aplikasi keamanan

Mengunduh Jadi Lebih Aman, 6 Tips Jitu Cegah Aplikasi Palsudigitaltrends.com

Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa memasang aplikasi keamanan terlebih dahulu seperti Antivirus dan Security App lainnya. Aplikasi tersebut berguna mencegah malware pada ponsel kesayanganmu.

Pemberian tips ini dimaksudkan agar kamu tidak salah unduh. Penipuan umumnya dilakukan pada aplikasi-aplikasi ternama. Jika aplikasi yang akan kamu unduh lolos dari pemeriksaan di atas maka dipastikan aplikasi tersebut aman deh.

Baca juga: The Swift Life, Aplikasi Wajib Punya Untuk Penggemar Taylor Swift

Read More
Pinka Wima
EditorPinka Wima
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI